Bagaimana Prediksi Aktivitas Ramadhan Tahun Ini, Berikut Ulasannya

"Masyarakat Indonesia yang melek digital banyak beralih ke aplikasi dan saluran digital lainnya untuk mendukung aktivitas Ramadan mereka. Jumlah pengguna dan tingkat aktivitas pada saluran dan perangkat digital tumbuh secara signifikan selama Ramadan,” kata Senior Manager, Inventory Partnership The Trade Desk Kautsar Ikrami di Jakarta pada Rabu (11/1/2023).
"Masyarakat Indonesia yang melek digital banyak beralih ke aplikasi dan saluran digital lainnya untuk mendukung aktivitas Ramadan mereka. Jumlah pengguna dan tingkat aktivitas pada saluran dan perangkat digital tumbuh secara signifikan selama Ramadan,” kata Senior Manager, Inventory Partnership The Trade Desk Kautsar Ikrami di Jakarta pada Rabu (11/1/2023).

Gemapos.ID (Jakarta) - Perusahaan teknologi periklanan global The Trade Desk (NASDAQ TTD) dan lembaga riset YouGov memperkirakan aktivitas keagamaan dalam jaringan (daring) akan meningkat 39% selama Ramadan 1444 H/2023 dibandingkan bulan lainnya dalam satu tahun.

"Masyarakat Indonesia yang melek digital banyak beralih ke aplikasi dan saluran digital lainnya untuk mendukung aktivitas Ramadan mereka. Jumlah pengguna dan tingkat aktivitas pada saluran dan perangkat digital tumbuh secara signifikan selama Ramadan,” kata Senior Manager, Inventory Partnership The Trade Desk Kautsar Ikrami di Jakarta pada Rabu (11/1/2023). 

Kemudian, satu dari tiga masyarakat Indonesia berencana untuk mengonsumsi konten streaming video sebagai bentuk hiburan utama sepanjang Ramadan 1444 H. 

Masyarakat jug akan mulai mengkonsumsi konten streaming video dengan lebih awal (saat sahur) dan kembali mengaksesnya mendekati waktu berbuka puasa (pukul 17.00 WIB dan seterusnya).

Masyarakat cenderung fokus pada konten religi saat sahur, serta konten yang lebih ringan seperti komedi dan film lebih populer menjelang buka puasa. 

Pandemi Covid-19 telah mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan spiritual.

Berdasarkan hasil survei ini selama pandemi Covid-19 dua dari tiga masyarakat Indonesia melakukan kegiatan keagamaan secara daring melalui aplikasi seluler dan media daring.

Bulan Ramadan tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 22 Maret hingga 21 April 2023.

The Trade Desk dan lembaga riset YouGov melakukan survei terhadap sekitar 2.000 orang dewasa di Indonesia pada November 2022. Seluruh data dikategorisasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan kelas sosial ekonomi untuk mencerminkan perkiraan populasi terkini.

The Trade Desk adalah perusahaan teknologi yang menyediakan layanan pembelian inventori iklan secara digital untuk mendukung para pembeli iklan yang berkantor pusat di Ventura, California, serta memiliki kantor di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. (ant/din)