Semarakkan Hari Ibu, Ketua PKK Riau Ikut Jahit Bendera RI di Bengkulu

Ketua TP PKK Riau Misnarni Syamsuar ikut menjahit bendera Merah Putih di Bengkulu
Ketua TP PKK Riau Misnarni Syamsuar ikut menjahit bendera Merah Putih di Bengkulu

Gemapos.ID (Jakarta) - Ketua Tim Penggerak PKK Riau Misnarni Syamsuar ikut menjahit bendera Merah Putih di Balai Raya Semarak, Provinsi Bengkulu dalam mengenang Ibu Fatmawati Soekarno sekaligus menyemarakkan Peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022 di Bengkulu.

Kegiatan menjahit Bendera Merah Putih bersama tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Indonesia melalui Deputi Bidang Kesetaraan Gender dalam acara puncak peringatan Hari Ibu 2022.

"Saya terharu dan bangga dilibatkan dalam kegiatan tersebut sebab melalui kegiatan ini bisa mengetahui sejarah perjuangan Ibu Fatmawati dalam menjahit Bendera Merah Putih," kata Misnarni Syamsuar dalam keterangan tertulis yang disampaikan Diskominfotik Riau di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus mengingat, menghargai dan mendapatkan inspirasi dari kisah Ibu Fatmawati tersebut.

Ia menyebutkan setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu dan peristiwa bersejarahnya adalah di mana pada 22-25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta, para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera berkumpul menggelar Konggres Perempuan Indonesia I.

"Gedung Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto Yogyakarta menjadi saksi sejarah berkumpulnya 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera yang kemudian melahirkan terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani)," katanya.

Untuk itu, katany, peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan setiap tanggal 22 Desember, merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan Indonesia dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

Dalam rangkaian Hari Ibu ke-94, kata dia, perempuan Indonesia mari mengenang kembali tentang sosok perempuan Indonesia yaitu Ibu Fatmawati sebagai pejuang yang mendorong berkibarnya bendera Merah Putih saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

"Saya sangat terharu mendapat kesempatan menjahit Bendera Merah Putih di hari ibu, beginilah rasa perjuangan pahlawan kita Ibu Fatmawati," demikian Misnarni.(pu)