Segera Booking! KAI Sebut Tiket liburan Natal dan Tahun Baru ke Purwokerto Masih Ada Lho!

Ilustrasi: Penampakan di stasiun kereta api di Jakarta
Ilustrasi: Penampakan di stasiun kereta api di Jakarta

Gemapos.ID (Jakarta) - Tiket kereta api dari/menuju sejumlah kota di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto pada liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 masih tersedia, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro.

"Sejak tanggal 7 November kemarin, kami telah membuka pemesanan tiket masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 untuk keberangkatan tanggal 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (11/11).

Dalam hal ini, kata dia, pemesanan tiket pada khusus masa angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dapat dilayani mulai H-45 tanggal keberangkatan, biasanya 30 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Berdasarkan pantauan hingga hari Jumat (11/11), lanjut dia, ketersediaan tiket KA jarak jauh dari/menuju sejumlah kota di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto untuk keberangkatan tanggal 22-26 Desember 2022 secara umum masih banyak tersedia.

Krisbiyantoro memperkirakan grafik pemesanan tiket akan mengalami peningkatan pada saat mendekati masa liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami menduga masyarakat masih menunggu kebijakan liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, sehingga banyak yang belum melakukan pemesanan tiket," jelasnya.

Selain itu, kata dia, pola masyarakat pelanggan KA dalam membeli tiket dari tahun ke tahun selalu mepet atau mendekati tanggal keberangkatan kecuali saat momentum Hari Raya Idul Fitri.

Lebih lanjut, dia mengatakan KAI senantiasa berkomitmen menyediakan sarana transportasi yang sehat dengan terus menerapkan protokol kesehatan di setiap waktu.

"Kami harap minat masyarakat dalam menggunakan moda transportasi kereta api pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan datang dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, kata dia, bagi pelanggan KA jarak jauh yang berusia 18 tahun ke atas wajib telah melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster/penguat).

Terkait dengan hal itu, Kribiyantoro mengatakan PT KAI Daop 5 Purwokerto membuka layanan vaksinasi di beberapa stasiun keberangkatan bagi pelanggan KA yang hendak menggunakan moda transportasi kereta api namun belum mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Menurut dia, stasiun yang membuka layanan vaksinasi dosis ketiga tersebut di antaranya Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, dan Stasiun Kutoarjo dengan waktu pelayanan pada pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.(ri)