Aksi Reuni 411, Petugas Gabungan Pasang Barikade di Sekitar Patung Kuda

Polisi menjaga Jalan Medan Merdeka Barat guna mengantisipasi kemungkinan massa menerobos ke Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (4/11/2022). (ant)
Polisi menjaga Jalan Medan Merdeka Barat guna mengantisipasi kemungkinan massa menerobos ke Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (4/11/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Petugas memasang barikade dari beton dan kawat berduri di sekitar Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda di Jalan Medan Merdeka Barat di sisi barat dan selatan guna mengantisipasi pergerakan massa agar tidak bisa menembus Istana Merdeka.

Massa berjumlah ribuan pada aksi Reuni 411 pada Jumat (4/11/2022) siang ini pun melakukan aksi di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Barikade tersebut terdiri atas tiga lapis beton yang dihiasi kawat berduri tepat di bagian sela-sela beton separator. Beton tersebut setinggi kurang lebih 150 meter.

Di sisi lain, pembatas juga dipasang di tiap sudut pelataran kawasan unjuk rasa. Bahkan, kendaraan taktis juga diparkir rapi di persimpangan kiri jalan.

Petugas polisi juga berjaga di beberapa sudut lokasi unjuk rasa. Ada yang mengatur lalu lintas, ada pula yang bersiaga memantau pergerakan aksi massa.

Massa mulai berkumpul di kawasan tersebut sekitar pukul 13.00 WIB setelah berjalan kaki dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, usai Shalat Jumat. Dari atas mobil komando, orator aksi mengajak massa untuk berdoa sebelum memulai aksi mereka.

Polda Metro Jaya mengerahkan ribuan personel untuk mengawal aksi tersebut. "Kami turunkan personel pengamanan 3.790 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. (ft)