Profil Komandan Pasukan Elite Kopasgat TNI AU, Marsekal Muda TNI Taspin Hasan

Dankopasgat Marsekal Muda TNI Taspin Hasan
Dankopasgat Marsekal Muda TNI Taspin Hasan

Gemapos.ID (Jakarta) - Pada Tanggal 17 Oktober lalu diperangati sebagai HUT Komando Pasukan Gerak Cepat atau disingkat Kopasgat. Saat ini, kinerja pasukan elite ini tidak luput dari sosok seorang pemimpin Komandan Kopasgat, yaitu Dankopasgat Marsekal Muda TNI Taspin Hasan.

Sebagai informasi, sebelumnya pasukan ini bernama Korps Pasukan Khas atau dikenal dengan Korpaskhas TNI AU. Lalu terbentuklah Surat Keputusan (SK) Nomor Kep 66/1/2022 tertanggal 21 Januari 2022, berisikan tentang perubahan nama secara resmi Korpaskhas menjadi Kopasgat yang dilakukan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Dalam SK tersebut, diketahui juga Wakil Komandan Korpaskhas yang diduduki Marsekal Pertama Taspin Hasan berubah menjadi Wakil Komandan Kopasgat. Kemudian, dirinya naik jabatan menjadi Komandan Kopasgat menggantikan Marsekal Muda TNI Eris Widodo Yuliastono. 

Penyerahan jabatannya berlangsung di lapangan Jingga Mako Kopasgat pada tanggal 17 Juni 2022. Melihat dirinya menjabat sebagai Komandan Kopasgat, tentu publik semakin penasaran dengan rekam jejak sebelumnya di tubuh TNI. Oleh karena itu, simak penjelasan kilas balik kinerjannya, sebagai berikut.

Dikutip dari kopasgat.tni-au.mil.id, Taspin Hasan merupakan Perwira Tinggi yang lahir pada 4 Januari 1966 di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kini ia berpangkat Marsekal Muda TNI dan diposisikan memegang jabatan Kopasgat pada 2022.

Taspin muda merupakan lulusan dari Akabri tahun 1989. Kemudian ia diterima dan dilantik dengan pangkat Letnan Dua pada tahun 1989. Jabatan pertamanya ialah Komandan Kompi E BS selama tiga tahun. Lalu dilanjut sebagai Komandan Batalyon Komando sejak  2002 hingga 2006.

Tak hanya itu, ia juga dipercaya oleh Komandan Korp Pasukan Khas (Dankorpaskhas) Marsekal Muda TNI Amarullah untuk memegang Danwing I Paskhas pada tahun 2012. 

Untuk memaksimalkan pangkat yang didapatkan, ia pun melanjutkan kariernya dengan mengikuti Diksarcap Infantri pada thaun 2013. Dengan pangkatnya yang semakin tinggi, ia mulai dilantik sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap II Bandung selama satu tahun.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan dan lulus dari Sesko TNI pada 2014. Empat tahun kemudian, ia ditunjuk sebagai Wakil Komandan Korpaskhas sampai 2022.

Setela itu, nama pasukan ini berganti, sekaligus membuat jabatannya berganti nama menjadi Wakil Komandan Kopasgat. Terakhir pada 30 Mei 2022, Taspin Hasan dilantik menjadi Dankorpaskhas atau Komandan Kopasgat sampai sekarang.  

Sementara itu, Kopasgat TNI AU merupakan satuan tempur berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, dan darat. Sehingga bagi Taspin, memimpin Kopasgat bukan hal yang asing karena dia mengawali kariernya dari satuan pasukan elite tersebut.(tmp/ra)