Maksimalkan Puskesmas untuk Vaksin Penguat

Gubernur Ganjar mengecek vaksinasi di Puskesmas. (net)
Gubernur Ganjar mengecek vaksinasi di Puskesmas. (net)

Gemapos.ID (Jakarta) - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengoptimalkan Puskesmas untuk mempercepat capaian penyuntikan vaksin penguat (booster) Covid-19.

Ganjar menyebut saat ini terus menggenjot vaksinasi di wilayahnya hingga ke desa-desa.

"Kami mulai genjot lagi vaksinasinya. Saya terima kasih, para kades terlibat terus TNI/Polri mendukung, dan puskesmas-puskesmas sudah mulai aktif, maka diharapkan ini bagian dari percepatan," kata Ganjar usai mengecek vaksinasi di Puskesmas Randudongkal, Pemalang, Kamis (28/7/2022).

Ganjar menyebut capaian vaksinasi penguat atau tahap ketiga di Jawa Tengah baru mencapai 7 juta dari target 28 juta jiwa sehingga jika dipersentase hanya sekitar 24 persen, sedangkan khusus di Kabupaten Pemalang untuk capaian vaksin penguat baru mencapai 14,88 persen.

"Untuk vaksin yang ketiga masih terlalu kecil, maka kami minta untuk digenjot semuanya," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Orang nomor satu di Jateng itu menegaskan, dalam situasi dan kondisi apa pun, masyarakat harus selalu siaga sebab pandemi Covid-19 belum benar-benar hilang.

"Apa pun namanya, semuanya harus selalu siaga, maka kalau semua dalam perkumpulan menggunakan masker, lalu kita genjot lagi vaksinasinya, insyaallah sehat," katanya. (rk/rls)