Komentar DPRD DKI Terhadap Laka TransJakarta Sabtu Kemarin

Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga menghimbau manajemen TransJakarta untuk melakukan kontrol berkala kepada para pengemudi.
Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga menghimbau manajemen TransJakarta untuk melakukan kontrol berkala kepada para pengemudi.

Gemapos.ID (Jakarta) - Sekretaris Komisi B DPRD DKI Jakarta Pandapotan Sinaga meminta manajemen TransJakarta untuk melakukan kontrol berkala kepada para pengemudi. Hal ini terkait kecelakaan di Cililitan, Jakarta Timur pada Sabtu (5/3/2022) pagi.

"Kami minta manajemen untuk melaksanakan kontrol kepada sopir setiap mau kerja, supaya tidak hilang kontrol atau hilang konsentrasi," katanya di Jakarta pada Minggu (6/3/2022).

Sebelumnya, bus TransJakarta bernomor B-7544-TGD dengan pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan di depan PGC Jakarta Timur pada Sabtu (5/3/2022). Korban jiwa tidak dialami dalam kecelakaan tersebut, namun pengendara motor mengalami luka ringan.

Pandapotan Sinaga juga meminta manajemen TransJakarta melakukan pengawasan kepada mitra atau pihak ketiga yang diajak bekerja sama selaku operator bus TransJakarta. 

BUMD DKI Jakarta ini memiliki kerja sama dengan 17 operator bus dan sekitar 8.000 yang terbagi atas sekitar 600 orang dari TransJakarta dan sisanya dari operator.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PT TransJakarta M Yana Aditya menyebutkan pihaknya melakukan berbagai upaya soal keselamatan di antaranya pemeriksaan kesehatan menyeluruh untuk pengemudi (MCU) dan pengecekan kesehatan.

Kemudian, pembinaan pengemudi oleh Master Driver TransJakarta dan Polda Metro Jaya dan pemeriksaan menyeluruh armada.

TransJakarta juga membuat program TransJakarta Bus Academy kepada seluruh pramudi untuk peningkatan kualitas layanan dalam segala aspek khususnya Sumber Daya Manusia (SDM).(ant/mau)