Malware Ditemukan di Perangkat Apple

malware-apple
malware-apple

Gemapos.ID (Jakarta) Stereotip menyebutkan bahwa komputer Apple sebagian besar kebal terhadap serangan Malware terbantahkan, kabar terbaru menyebutkan bahwa beberapa peretas canggih berhasil menyusupkan malware di perangkat Mac.

Peneliti keamanan di Malwarebytes dan Red Canary menemukan malware misterius yang tersembunyi di 30.000 unit Mac, salah satunya dirancang untuk mengirimkan muatan yang belum diketahui dan memiliki mekanisme penghancur diri untuk menghapus jejak. Malware tersebut diberi nama Silver Sparrow.

Red Canary menjelaskan lebih detail bagaimana mereka menemukan versi yang menargetkan tidak hanya intel, tetapi juga Mac yang lebih baru yang dibekali chip M1 milik Apple, mengingat perangkat dengan M1 Apple masih sangat baru dan kerentanan yang masih sedikit untuk ditemukan.

Minggu lalu, Peneliti keamanan dari Objective-See, Patrick Wardle, menerbitkan laporan tentang malware yang ditemukan pertama kali menargetkan chipset Apple Silicon dan laporan tersebut menambah daftar.

Untungnya Silver Sparrow ini tidak dapat menutup jejaknya sebelum dikeluarkan, tidak ada indikasi itu digunakan untuk melakukan kerusakan apapun, dan Red Canary menulis bahwa Apple telah mencabut berkas biner yang secara teori bisa mencegah pengguna menginstallnya sendiri secara tak sengaja. (m5)