Kemenkop UKM Dorong Promosi Produk Lokal
Beberapa perusahaan negara seperti KAI, PLN, PDAM Surakarta, dan Rumah memberikan promo hingga diskon layanan rata-rata mulai dari 10-20% selama Solo Great Sale berlangsung. Kampanye Produk Lokal Salah satu upaya mendorong produk UMKM untuk Go Global, ucap Teten, harus dimulai dari penggunaan produk lokal di dalam negeri. "Kalau mau global, kita harus unggul dulu di domestik. Harus bangga pakai produk dalam negeri," ujqrnyq. . Indonesia telah menandatangani Free Trade Agreement/FTA (perjanjian perdagangan bebas). Jadi pasar Indonesia diserbu oleh produk luar. "Pakai produk lokal itu keren, pakai motor dan sepatu itu lebih bagus custom. Pakai baju, sepatu brand lokal lebih keren. Karya Indonesia itu dikenal lebih berseni," ucapnya. Teten juga menekankan perluasan pasar dan akses pembiayaan yang akan ditambah penerapan Omnibus Law Cipta Kerja. Di dalam Omnibus Law terdapat dua hal yang ditekankan bagi UMKM. Pertama, kebijakan upah UMKM dikecualikan yang akan berimbas pada usaha UMKM lebih kompetitif dibanding usaha besar. "Usah besar akan kerja sama, produksi diserahkan ke UMKM. UMKM untuk siap menerima pekerjaan dari perusahaan besar," jelasnya. Kedua, pertumbuhan koperasi yang banyak dibatasi akan dibuka akses secara luas. “Bagaimana membangun koperasi unggul dan modern," tukasnya. (mam)