Danramil Aradide Gugur Ditembak, Pelaku Dipastikan dari OPM

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Candra Kurniawan. (Foto: gemapos/Beritasatu)
Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Candra Kurniawan. (Foto: gemapos/Beritasatu)

Gemapos.ID (Jakarta) - Komandan Koramil (Danramil) 1703-04/Aradide, Papua Tengah, Letda Infanteri Oktovianus Sogarlay (OS) meninggal usai diserang sekelompok orang. Kodam XVII/Cenderawasih menyebut pelaku penyerangan adalah Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Pihak TNI menyebutkan Letda Oktovianus ditembak di Distrik Ariade, Paniai. Jenazah korban ditemukan kemarin (11/4/2024).

"Para pelaku penyerangan dan penembakan ini adalah gerombolan OPM," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangannya, Jumat (12/4/2024).

Dari laporan yang diterima Kapendam XVII/Cenderawasih, insiden itu berawal saat korban keluar dari Makoramil 1703-4/Aradide, Rabu (10/4) sore. Namun, ditunggu sampai Kamis (11/4) pagi yang bersangkutan tidak kembali.

Setelah itu, dilakukan pencarian dan korban ditemukan meninggal dunia akibat luka tembak.

"Sesaat setelah ditemukan, jenazah korban dievakuasi ke Enarotali, kemudian dibawa ke Nabire," jelas Kapendam.

Saat ini empat kota di Papua Tengah sudah dapat dijangkau dengan jalan darat, melintasi jalan Transpapua ruas jalan Nabire-Enarotali.

Adapun kabupaten yang terhubung dengan jalan tersebut adalah Kabupaten Nabire, Dogiyai, Deiyai, dan Kabupaten Paniai. (ns)