11 Pencapaian Teknologi yang Telah Mengubah Hidup Kita

Infografis 11 Pencapaian Teknologi yang Telah Mengubah Hidup Kita (foto; gemapos)
Infografis 11 Pencapaian Teknologi yang Telah Mengubah Hidup Kita (foto; gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta)- Dalam beberapa dekade terakhir, dunia telah disaksikan oleh laju perkembangan teknologi yang luar biasa. Inovasi-inovasi ini telah secara dramatis mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain. Dari komunikasi hingga kesehatan, teknologi telah menjadi pendorong utama perubahan dalam masyarakat modern.

Di bawah ini adalah 11 pencapaian teknologi yang telah mengubah hidup kita:

1. 1993: Web di seluruh dunia

Dibuat oleh ilmuwan Inggris Tim Berners-Lee,  World Wide Web diluncurkan ke publik pada tahun 1993  dan membawa serta awal mula komunikasi online, e-commerce, dan awal ekonomi digital.

2. 1997: Wi-Fi

Munculnya Wi-Fi yang tersedia untuk umum pada tahun 1997  mengubah wajah akses internet – menghilangkan kebutuhan untuk menambatkan ke jaringan melalui kabel.

3. 1998: Google

Peluncuran mesin pencari Google pada tahun 1998 menandai dimulainya pencarian web yang efisien,  mengubah cara orang di seluruh dunia mengakses dan menavigasi informasi online .

4. 2004: Media sosial

Selama dua dekade terakhir, kebangkitan media sosial dan jejaring sosial telah mendominasi kehidupan kita yang saling terhubung. Pada tahun 2004, MySpace menjadi situs media sosial pertama yang mencapai satu juta pengguna aktif bulanan.

5. 2007: iPhone

Lebih dari satu dekade setelah ponsel pintar pertama diperkenalkan, iPhone mendefinisikan ulang teknologi seluler dengan menggabungkan ponsel, pemutar musik, kamera, dan komunikator internet dalam satu perangkat ramping.

6. 2009: Bitcoin

Fondasi pembayaran digital modern diletakkan pada akhir tahun 1950an dengan diperkenalkannya kartu kredit dan debit pertama, namun penemuan Bitcoin pada tahun 2009 lah yang membuka jalan bagi era baru transaksi digital yang aman.

7. 2014: Realitas maya

Tahun 2014 merupakan tahun penting dalam pengembangan virtual reality (VR) untuk aplikasi komersial.

8. 2015: Kendaraan otonom

Kendaraan otonom telah berubah dari fiksi ilmiah menjadi fakta ilmiah dalam dua dekade terakhir, dan prediksi menunjukkan bahwa  hampir dua pertiga mobil penumpang yang terdaftar di seluruh dunia akan memiliki fitur mengemudi dan kemudi dengan bantuan sebagian pada tahun 2025.

9. 2019: Komputasi kuantum

Momen penting dalam sejarah komputasi kuantum dicapai pada bulan Oktober 2019 ketika prosesor Sycamore Google  menunjukkan “supremasi kuantum”  dengan memecahkan masalah kompleks lebih cepat daripada superkomputer paling canggih di dunia.

10. 2020: Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19  mempercepat transformasi digital dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

11. 2022: Kecerdasan buatan

Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah ada selama beberapa waktu dan perangkat elektronik konsumen yang didukung AI, mulai dari perangkat rumah pintar hingga asisten yang dipersonalisasi, telah menjadi hal yang lumrah.(ri)