Once Amankan Satu Kursi DPR RI Dapil Jakarta II dari PDIP

Once Mekel berhasil merih suara tertinggi dari PDIP di Dapil II DKI Jakarta dan mengamankan satu kursi anggota DPR RI 2024. (foto:gemapos/gesuri.id)
Once Mekel berhasil merih suara tertinggi dari PDIP di Dapil II DKI Jakarta dan mengamankan satu kursi anggota DPR RI 2024. (foto:gemapos/gesuri.id)

Gemapos.ID (Jakarta) - Once Mekel berhasil mengamankan satu kursi anggota DPR RI 2024 di daerah pemilihan (Dapil) DKI II dari PDI Perjuangan. 

Diantara tujuh caleg, Once meraih suara tertinggi di PDI Perjuangan. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilu tingkat nasional, yang dilihat Senin (18/3/2024), Once meraih suara sebanyak 60.623. Jika menggunakan metode Sainte Lague, Once dipastikan lolos ke Senayan.

Perolehan suara Once juga mengalahkan suara anggota DPR RI petahana, Eriko Sotarduga yang memperoleh 48.737 suara dan Masinton Pasaribu mendapatkan 50.992 suara. Diketahui, PDI Perjuangan hanya mendapatkan satu kursi di dapil DKI II.

Adapun di dapil DKI II total kursi yang diperebutkan sebanyak tujuh kursi. DKI II meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri.

Selain Once, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) pun kembali melenggang ke Senayan dari PKS. HNW memperoleh suara tertinggi di dapil DKI II sebanyak 227.974 suara.

Kemudian artis Uya Kuya dari PAN, dipastikan lolos ke Senayan dengan perolehan 81.463 suara. Lalu, ada pula Menaker Ida Fauziah memperoleh 76.092 suara juga mengamankan kursi DPR.

Sementara itu, jika PSI memenuhi ambang batas parlemen, maka kursi ketujuh akan ditempati oleh Ade Armando. Di mana, Ade Armando memperoleh 54.199 suara dan PSI mendapatkan 183.836 suara di DKI II.

Namun, jika PSI tidak lolos ambang batas parlemen, kursi ketujuh diisi oleh caleg dari PKS yakni Kurniasih Mufidayati. (rk/*)