PSI Usul Fraksi Trheshold, Sahroni: Itu Namanya Ngawur

Bendahara Umum (bendum) Partai NasDem, Ahmad Sahroni. (gemapos/DPR RI)
Bendahara Umum (bendum) Partai NasDem, Ahmad Sahroni. (gemapos/DPR RI)

Gemapos.ID (Jakarta - Bendahara Umum (bendum) Partai NasDem, Ahmad Sahroni mengkritik PSI yang mengusulkan opsi angka ambang batas (threshold) untuk fraksi sebagai pengganti parliamentary threshold. Menurutnya usulan tersebut tidak masuk akal untuk dilaksanakan.

"Ini negara jangan dibuat bercandaan dong, masa ada ide menggabungkan semua partai yang nggak lolos jadi 1 fraksi, itu namanya ngawur," ujar Sahroni kepada wartawan, Jumat (1/3/2024).

Sahroni secara pribadi menyebut tak setuju dengan usulan PSI. Menurutnya, adanya ambang batas parlemen, adalah wujud kepastian bahwa masyarakat menginginkan partai-partai tertentu ada di parlemen

Selain itu, Sahroni juga mengkritik MK yang memutuskan mengubah ambang batas parlemen 4 persen sebelum Pemilu 2029. Ia mempertanyakan keputusan itu.

"Saya bingung nih kenapa jadi MK yang putusin? Ini kan harusnya dari DPR dahulu yang akan bahas," terang Sahroni.

"Ini aturan kok lama-lama MK semua yang putusin? Lembaga lain kelihatannya sudah tidak ada fungsinya," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya,  penggabungan partai dalam satu fraksi ini muncul dari Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie. Jadi, partai-partai yang suaranya tak memenuhi ambang batas, dapat digabungkan jadi satu fraksi.

"Daripada parliamentary threshold lebih baik dibuat fraksi threshold. Yaitu kebutuhan suara minimum untuk membentuk 1 fraksi sendiri. Jadi suara rakyat tidak terbuang, namun untuk partai-partai yang suaranya tidak mencapai persentase tertentu, digabungkan dalam 1 fraksi," ujar Grace Natalie. (ns)