Ratusan Personil Diterjunkan, Amankan Lanjutan PSS Sleman Vs Persita Tangerang

Ratusan personil akan diterjunkan dalam pengamanan laga lanjutan  PSS Sleman melawan Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo, Selasa (27/2/2024). (gemapos/Humas Polri)
Ratusan personil akan diterjunkan dalam pengamanan laga lanjutan PSS Sleman melawan Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo, Selasa (27/2/2024). (gemapos/Humas Polri)

Gemapos.ID (Jakarta) - Ratusan personil bakal diterjunkan dalam proses pengamanan laga lanjutan Liga 1 yang akan mempertemukan PSS Sleman kontra Persita Tangerang yang akan digelar di Stadion Manahan Solo, Selasa, 27 Februari 2024, pekan depan.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi mengungkapkan bahwa jumlah personil tersebut masih bisa berubah melihat dari hasil Technical Meeting (TM) yang akan diselenggarakan besok, Jumat (23/2/2024).

Dari informasi yang didapat sementara, kemungkinan jumlah suporter yang akan datang dari Sleman sekitar 5000 orang.

“Karena pertimbangan main siang, dan masih jam kerja. Jadi dengan estimasi (jumlah penonton) tersebut, nanti akan ditempatkan di tribun timur. Untuk personil gabungan sekitar 500 orang. Tapi jumlah tersebut masih bisa berubah ya, tergantung hasil dari TM yang digelar besok,” ujar Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, Kamis (22/2/2024).

Diketahui bahwa skema pengamanan yang dilakukan yakni masih menerapkan mekanisme yang ditetapkan PSSI. Dimana ring 1 atau dalam tribun penonton diawasi oleh steward, sedangkan aparat gabungan berada di ring 2 dan ring 3 sembali melihat kondisi kedepan.

Adapun masalah terkait tentang penonton diluar estimasi, akan dibahas pada saat TM hari ini. Iwan mengatakan itu nanti menjadi tanggung jawab dari tiap-tiap korlap suporter.

“Harus dikoordinir betul. Jadi informasinya harus valid. Termasuk mobilisasi dari Sleman ke Solo harus ada koordinatornya. Harapan kita harus ada komunikasi antara korlap dengan penyelenggara di Solo,” lanjut Kapolresta Surakarta tersebut.

Terkait apakah Stadion Manahan Solo akan menjadi homebase PSS Sleman hingga akhir musim pasca Stadion Maguwoharjo direnovasi, Iwan menuturkan belum mendapat kepastian tersebut.

“Itu belum tahu ya saya, apakah hanya sebagai venue atau homebase. Sementara kita masih fokus pertandingan terdekat saja,”ungkapnya.

Namun di samping itu, Kombes. Pol. Iwan memastikan tidak akan ada gejolak di Solo, sebab pihaknya terus berkoordinasi dengan semua unsur suporter Persis Solo, termasuk untuk pertandingan Selasa pekan depan.

“Intinya Solo sebagai tuan rumah Welcome ya, jadi mereka (unsur suporter persis) siap menerima suporter Sleman,” tandasnya. (kt)