Gibran Sebut SDM Ambon Punya Potensi Untuk Membangun Bangsa

Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka berdiskusi dengan komunitas dan pegiat UMKM di Red Bricks Café & Resto, Ambon, Maluku, Senin (8/1/2024). (foto: gemapos/antara)
Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka berdiskusi dengan komunitas dan pegiat UMKM di Red Bricks Café & Resto, Ambon, Maluku, Senin (8/1/2024). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Calon Wakil Presiden RI dengan nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa sumber daya manusia (SDM) di Ambon, Maluku, mempunyai potensi dalam membangun bangsa.

Hal tersebut disampaikan Gibran saat mengunjungi Red Bricks Café & Resto Ambon, bertemu dengan anak muda, komunitas kreatif, penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), ekonomi kreatif, serta musisi.

"Ambon ini luar biasa sekali, SDM-nya luar biasa. Ambon mirip Solo. Solo tidak punya pertanian, perikanan pemasukan dari pajak retribusi khusus saja," kata dia dalam keterangan pers, Senin (8/1).

Pada kesempatan tersebut, Gibran mendapatkan banyak gambaran akan potensi besar yang dimiliki warga Ambon saat berdiskusi dalam forum tersebut.

Menurutnya, Pemerintah harus memberikan dukungan kepada penggiat UMKM dan seniman musik di Ambon agar dapat menjadi penggerak roda perekonomian.

Gibran mengatakan bahwa dukungan bisa diberikan lewat pemberian fasilitas serta pembinaan agar potensi SDM di Ambon bisa dimaksimalkan dengan baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dukungan pemerintah bisa maksimal, lanjut dia, adalah menggenjot pembangunan infrastruktur dan SDM di Ambon.

Adapun pembangunan merata juga masuk dalam visi dan misi yang akan dijalankan Prabowo-Gibran ketika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Saya kira semua anak muda di sini setuju dengan pemerataan pembangunan, kami pengen tidak cuma di Jawa," kata dia.

Dengan pembangunan infrastruktur di Ambon, ia yakin UMKM akan berkembang dan talenta musik yang jadi ciri khas warga Ambon bisa menjadi daya tarik Indonesia di mata dunia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Sementara itu, KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.(ri)