Antisipasi Lonjakan Libur Nataru, PT Pelni Cabang Jayapura Siapkan Lima Armada

Aktivitas kedatangan dan keberangkatan di Pelabuhan Jayapura. (gemapos/Antara)
Aktivitas kedatangan dan keberangkatan di Pelabuhan Jayapura. (gemapos/Antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- PT Pelni Cabang Jayapura persiapkan lima armada kapal penumpang guna mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. 

Kepala PT Pelni Cabang Jayapura Slamat Yanuardi mengatakan bahwa diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pada 22 Desember 2023. 

“Kelima armada tersebut telah disiapkan Kementerian Perhubungan mengantisipasi lonjakan penumpang Natal dan Tahun Baru 2024,” ujar Slamat, Rabu (29/11). 

Diketahui bahwa lima armada kapal tersebut yakni KM Ciremai, Sinabung, gunung Dempo, Labobar dan Dobonsolo. 

Menurut Slamat, dari lima armada kapal penumpang tersebut terdapat tiga armada kapal yang akan melayani rute penumpang khusus dalam Papua. 

“Rute pelayaran dalam Papua yakni Jayapura, Biak, Serui, Nabire, Manokwari, dan Sorong. Untuk keberangkatan domestik yang paling diminanti rute Ambon dan Manado,” lanjutnya. 

Selama Bulan Desember akan ada 14 kali kunjungan kapal untuk Pelabuhan Jayapura dengan adanya penambahan tiga kapal rute dalam Papua sehingga diharapkan mampu mengurangi kepadatan penumpang. 

“Karena di Kota Jayapura untuk Natal dan Tahun Baru merupakan penumpang yang terpadat sehingga kami menyiapkan kapal dengan rute khusus,” katanya menambahkan. 

Tak lupa PT Pelni Cabang Jayapura juga turut menghimbau para pengguna transportasi laut agar membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan melalui loket Pelni atau melalui aplikasi mobile Pelni sehingga dapat mengatur jadwal keberangkatan dengan baik. 

“Untuk tiket hingga saat ini masih tersedia. Masyarakat cukup membeli tiket melalui aplikasi mobile Pelni sehingga dapat memudahkan mendapatkan tiket,” kata Slamat.(kt)