Menteri PUPR Ungkap Penyiapan Stadion Untuk Perhelatan Piala Dunia U-17 Sudah Selesai

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Senin (30/10/2023). (foto: gemapos/ antara)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan keterangan kepada awak media di Jakarta, Senin (30/10/2023). (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan semua penyiapan stadion untuk perhelatan Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023 sudah selesai.

"Semua penyiapan stadion untuk Piala Dunia U-17 sudah selesai," ujar Basuki di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan bahwa semua stadion - stadion untuk perhelatan Piala Dunia U-17 dalam kondisi siap digunakan.

"Semua sudah siap dimanfaatkan untuk perhelatan Piala Dunia U-17," kata Basuki.

Sebelumnya, Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss.

Keputusan tersebut diambil oleh FIFA setelah Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu.

 Hal tersebut yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

FIFA World Cup U-17 dipertandingkan di empat kota yaitu Jakarta, Solo, Bandung dan Surabaya. Piala Dunia U-17 berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Untuk upacara pembukaan Piala Dunia U-17 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pada 10 November.

Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya juga menjadi "home base" bagi tim nasional (timnas) U-17 Indonesia di babak penyisihan Grup A.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, tiga stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 antara lain Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Manahan (Solo).(ap)