100 Orang Peserta Ikuti Writingthon Festival 2023

Foto bersama Peserta writingthon festival di Jembrana, Senin (16/10/2023). (foto:gemapos/edy)
Foto bersama Peserta writingthon festival di Jembrana, Senin (16/10/2023). (foto:gemapos/edy)

Gemapos.ID (Jakarta) - Perpustakaan Nasional kembali menyelenggarakan Writingthon Festival 2023. Kompetisi menulis berhadiah total Rp 40 Juta dan Workshop menulis ini diadakan di 7 Kota di Indonesia. Jembrana merupakan salah satu kabupaten yang dilibatkan tahun ini.

Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah (ITBM) Bali dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jembrana menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kompetensi Literasi Digital dalam Festival nasional bertema "Mengubah Karya Tulis Ilmiah Menjadi Buku Populer". Kegiatan digelar selama dua hari, dimulai hari ini, Senin hingga Selasa, 16-17 Oktober 2023.

Para pembicara yang tampil dalam kesempatan itu, Totok Haryanto (Creative Writing), Wisnu Suryaning Adji (Editorian Creative Writing) dan Nina DK.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jembrana, Eddy Susilo menegaskan, kegiatan dua hari yang diikuti 100 peserta ini bertujuan menumbuhkan semangat menulis baik berupa journal, fiksi dan nonfiksi.

Kegiatan juga untuk meningkatkan keilmuan, dan termasuk membuka peluang usaha pendapatan royalti melalui menulis baik melalui penerbit atau digital.

"Kedepan kita ingin aktivitas tulis menulis termasuk digitalisasi menjadi budaya di kalangan mahasiswa," kata Eddy.

Peserta kali ini, selain dari mahasiswa ITBM Bali juga mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Jembrana. "Kegiatan ini gratis alias tidak bayar," seloroh Eddy. (ed)