Menhan RI Serahkan 100 Unit Motor Trail Listrik Produksi Anak Bangsa Untuk TNI-Polri

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberi keterangan kepada media selepas acara penyerahan 100 kendaraan taktis motor trail listrik E-Tactical Sergap buatan PT Len Industri (Persero). (foto: gemapos/ antara)
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberi keterangan kepada media selepas acara penyerahan 100 kendaraan taktis motor trail listrik E-Tactical Sergap buatan PT Len Industri (Persero). (foto: gemapos/ antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyerahkan 100 unit motor trail listrik buatan PT Len Industri (Persero), PT Eltran Indonesia, dan PT BYXE Motor Indonesia (BMI) kepada TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara, dan Polri.

Prabowo menjelaskan Kementerian Pertahanan RI membeli total 5.000 unit motor trail listrik E-Tactical Sergap dari PT Len Industri yang itu merupakan wujud dukungan pemerintah terhadap industri pertahanan dalam negeri.

“Produksi dan pemanfaatan rantis E-Tactical Sergap ini adalah bukti komitmen kuat dan dukungan Kementerian Pertahanan terhadap produksi anak bangsa. Sebagai anak bangsa, sudah selayaknya kita bertugas untuk turut mendorong kemandirian Indonesia di sektor pertahanan dan keamanan,” kata Prabowo saat acara penyerahan motor trail di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis.

Dia melanjutkan masing-masing matra TNI dan Polri pada tahap pertama mendapatkan 25 unit motor E-Tactical Sergap yang dapat langsung beroperasi. Untuk unit-unit lainnya PT Len dan Kemhan RI menargetkan seluruhnya rampung sampai akhir 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo menekankan pembelian motor trail listrik ini juga bentuk keberpihakan pemerintah terhadap energi bersih (clean energy).

“Pemanfaatan motor listrik adalah tuntutan zaman pada era saat ini. Motor listrik adalah contoh dari clean energy technology dalam program pemerintah yakni upaya konservasi energi. Untuk itu, kita harus memanfaatkan teknologi canggih serta energi terbarukan untuk menjaga kedaulatan NKRI. Oleh karenanya, E-Tactical Sergap membuktikan bahwa alpahankam (alat pertahanan dan keamanan) kita terus berinovasi sesuai sesuai kebutuhan zaman dengan tidak melupakan tugas dan fungsi menjaga kedaulatan NKRI dan keamanan dalam negeri,” kata Menhan RI.

Dalam acara penyerahan motor trail listrik itu, 100 unit E-Tactical Sergap dipamerkan di halaman Kantor Kemhan RI. Prabowo pun menyerahkan motor secara simbolis kepada jajaran pejabat TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri.

Usai penyerahan itu, Prabowo kemudian berkeliling mengecek motor-motor trail yang diserahkan tersebut dan berbincang dengan para prajurit.

Di lokasi acara yang sama, Direktur Utama PT Len Industri (Persero) Bobby Rasyidin menjelaskan E-Tactical Sergap merupakan kendaraan taktis motor trail listrik pertama yang dibuat oleh PT Len Industri. Dia menjelaskan keseluruhan pembuatan, termasuk desain, pengadaan komponen-komponen, perakitan, sampai pengujiannya dilaksanakan di dalam negeri.

Dia juga menyampaikan sejauh ini PT Len Industri dapat memproduksi 3.000 unit motor trail listrik itu per bulan. Walaupun demikian, Bobby menyebut PT Len Industri masih fokus memenuhi kebutuhan/permintaan dari dalam negeri.(ap)