Pertamina Gelar Uji Emisi Kendaraan Gratis di Tangerang Banten

Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Banten menggelar uji emisi kendaraan gratis selama pehelatan Gaikindo Indonesia International auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang, Banten. (foto:gemapos/antara)
Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Banten menggelar uji emisi kendaraan gratis selama pehelatan Gaikindo Indonesia International auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang, Banten. (foto:gemapos/antara)


Gemapos.ID (Jakarta) - Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Banten, menggelar uji emisi kendaraan gratis sebagai bentuk kepedulian BUMN ini terhadap kesehatan emisi kendaraan masyarakat.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dalam keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan langkah uji emisi diambil agar masyarakat dapat mengetahui tingkat emisi kendaraannya, mengingat emisi gas buang kendaraan menjadi salah satu faktor penyumbang polutan udara.

Sebagaimana diketahui, kualitas udara Jakarta dan sekitarnya menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Sumbernya pun beragam, salah satunya emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Atas hal tersebut, kami lakukan uji emisi gratis bekerja sama dengan DLH," katanya.

Menurut Irto, untuk melakukan uji emisi gratis caranya pun mudah. Hanya perlu booking slot uji emisi menggunakan aplikasi MyPertamina dan langsung datang ke lokasi parkir kendaraan dalam perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang, Banten.

"Hasil ujinya resmi dan ada verifikasi dari Dinas Lingkungan Hidup,” jelas Irto.

Irto berharap dari hasil uji emisi ini akan memunculkan kesadaran masyarakat untuk merawat serta bijak menggunakan bahan bakar bagi kendaraannya. Penggunaan BBM yang tepat dan yang lebih ramah lingkungan dengan sulfur rendah juga akan mempengaruhi emisi gas buang kendaraan.

“BBM dengan sulfur yang rendah, berpengaruh langsung ke kadar emisi kendaraan. Pertamina Patra Niaga menawarkan Pertamax Turbo dan Perta Dex, produk dengan sulfur terendah di bawah 50 ppm atau setara EURO 4.

Lalu ada juga Pertamax dan Dexlite yang juga rendah sulfurnya, serta terakhir Pertamax Green 95 dengan bauran energi terbarukan, emisi yang dihasilkan juga rendah dan lebih ramah lingkungan,” tukasnya.

Kepala DLH Kota Tangerang, Wahyunoto Lukman mengapresiasi langkah Pertamina Patra Niaga melakukan uji emisi gratis bagi masyarakat di tengah isu polusi yang sedang hangat.

Wahyunoto mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap keadaan gas buang kendaraan yang dapat diketahui dan dikendalikan lewat hasil uji emisi.

"Yang terpenting melakukan perawatan dan servis berkala agar emisi gas buangnya tidak melampaui baku mutu, dan mudah-mudahan dengan pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor ini dapat membantu menekan polusi udara yang terjadi,” terang Wahyunoto. (rk)