Berikut Profil 3 Calon Pj Gubernur Jawa Tengah Pengganti Ganjar

foto: twitter/ganjarpranowo
foto: twitter/ganjarpranowo


Gemapos.ID (Jakarta) DPRD Jawa Tengah mengusulkan tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah untuk menggantikan Ganjar Pranowo yang akan berakhir pada 9 September 2023.

Ketiga nama tersebut adalah Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo, Kepala Badan Diklat Kejagung RI Tony Tribagus Spontana, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng Sumarno.

"Ketiga nama tersebut merupakan hasil dari rapat gabungan. Seluruh pimpinan DPRD Jawa Tengah dan Ketua Fraksi turut dalam musyawarah pengusulan nama tersebut," kata Ketua DPRD Jawa Tengah Sumanto di Kantornya, Senin (7/8)

Gemapos telah merangkum profil tiga calon Pj Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Hasto Wardoyo
Hasto saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Sebelum berkarir di tingkat struktural nasional, Hasto sempat menjabat Bupati Kulonprogo selama dua periode yakni pada 2011-2016 dan 2016-2019, sebelum diangkat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai sebagai Kepala BKKBN pada 1 Juli 2019.

Saat menjadi bupati, Hasto dikenal dengan terobosannya lewat program "Bela dan Beli Kulonprogo". Melalui program tersebut, sentra batik lokal disebut tumbuh pesat lantaran penerapan aturan yang mewajibkan seluruh PNS dan pelajar mengenakan batik khas Kulonprogo.

Selain itu, Hasto juga mewajibkan PNS untuk membeli beras produksi petani Kulonprogo. Hasto juga bekerjasama dengan PDAM mengembangkan produk yang bernama AirKu (Air Kulonprogo). Produk tersebut disebut berhasil menguasai seperempat ceruk pasar air kemasan di Kulonprogo.

Hasto sempat mengajar di Fakultas Kedokteran UGM pada 2000-2011. Hasto merupakan jebolan di FK UGM pada tahun 1989, kemudian pada tahun 1992, Hasto meraih gelar Dokter Teladan oleh Presiden RI.

Tony Tribagus Spontana
Tony Tribagus Spontana saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI. Ia memiliki sepak terjang karir pada bidang hukum.

Tony mengawali kariernya sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI pada tahun 2014. Ia juga sempat menjabat Staf Ahli Jaksa Agung Kejaksaan Agung untuk bidang Perdata dan Tata Usaha Negara pada 2019.

Sumarno
Sumarno dikenal sebagai sosok ASN senior di lingkungan Pemprov Jateng. Saat ini Soemarno menjabat sebagai Sekda Jawa Tengah.

Sebelum dilantik pada 2021 lalu, ia sempat menjabat Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jateng.(da)