Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Deli Serdang Laksanakan Salat Idul Adha Hari Ini

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Deli Serdang Laksanakan Salat Idul Adha Hari Ini (ist)
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Deli Serdang Laksanakan Salat Idul Adha Hari Ini (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Ratusan jemaah tarekat Naqsabandiyah melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriyah, hari ini Selasa (27/6/2023). Ratusan jemaat tersebut melaksanakan salat Idul Adha hari di Kecamatan Patumbak, Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Pantauan Gemapos, Selasa (27/6/2023), pukul 07.13 WIB, ratusan jemaah sudah memadati lokasi. Jemaah terlihat mulai dari anak kecil, perempuan hingga laki-laki.

Syekh Muda Muhammad Zikri menjadi imam salat Idul Adha Naqsabandiyah di Deli Serdang. Setelah salat, jemaah kemudian makan lontong bersama dan dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban.

Salah satu jemaah, Syekh Muda Muhammad Khoiruddin mengatakan pelaksanaan salat Idul Adha hari ini merupakan keputusan yang diambil setelah tuan guru dan Dewan Fatwa bersidang. Akhirnya ditetapkan 10 Dzulhijjah bertepatan dengan 27 Juni.

"Berdasarkan keputusan dan ketentuan dari tuan guru kita sesuai dengan Dewan Fatwa bersidang kemarin, maka diputuskan Dewan Fatwa bahwasanya 10 Dzulhijjah itu jatuh dan bertepatan pada tanggal 27 Juni," kata Syekh Muda Muhammad Khoiruddin.

Seluruh jemaah tarekat Naqsabandiyah di Indonesia akan melaksanakan salat Idul Adha hari ini. Sedangkan pusat tarekat Naqsabandiyah sendiri berada di Bandar Tinggi, Simalungun, Sumut.

"Salat Id ini akan dilaksanakan di seluruh rumah suluk tuan guru kita dari Sabang sampai Merauke, semua hal ini berpusat pada Pesantren Bandar Tinggi, itu pusatnya kita," ucapnya.

Untuk di Sumut sendiri, ada 10 lokasi pelaksanaan salat Idul Adha hari ini. Seperti di Deli Serdang, Tebing Tinggi, Labuhanbatu, dan Padang Lawas Utara.

"Di Sumatera Utara sendiri ada 10 lokasi pelaksanaan ibadah, di Medan (Deli Serdang), Tebing Tinggi, Gunung Tua, Rantau Parapat, di Huta Puli juga ada," ujarnya.

Setelah melaksanakan salat Idul Adha, jemaah akan makan lontong bersama sebelum akhirnya menyembelih hewan kurban. Hewan kurban yang disembelih terdiri dari 1 lembu dan 3 kambing.

"Di sini ada 1 lembu dan 3 kambing," tutupnya.(da)