Hadir di Penobatan Raja Charles, Dubes RI Berbaju Adat Lampung

Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya (ist)
Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Penobatan Raja Charles III rupanya juga dihadiri perwakilan Indonesia. Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya, datang dalam balutan baju adat Lampung.

Melalui Instagram pribadinya @desrapercaya, Desra dan istrinya membagikan momen ketika menghadiri Upacara Pemahkotaan Raja Charles III di Westminster Abbey pada Sabtu (6/5/2023). Tak sampai di situ, Desra dan istri juga mengikuti jamuan makan siang dari Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly.

"Selama dua hari, saya mendapat kesempatan langka sebagai salah satu saksi sejarah mewakili Bapak Presiden @jokowi dalam kegiatan resepsi oleh Raja," tulis Desra.

Desra juga mengungkapkan rasa senangnya dapat menyaksikan langsung momen bersejarah tersebut. Dia bahkan menyebut kesempatan itu seperti mimpi dan merupakan kesempatan sekali seumur hidup.



"Rasanya bak mimpi. Bisa mengikuti acara kenegaraan dengan para monarki Eropa, Jepang, Presiden/PM berbagai negara sahabat hingga tokoh dunia yang sangat dihormati," kata dia.

Desra menjelaskan, prosesi penobatan Raja Charles III ini lebih sederhana dibandingkan para pendahulunya. Hal tersebut sejalan dengan Kerajaan Inggris yang memasuki era moderen.

"Corak modernitas monarki sangat kental. Mula dari durasi yang dipersingkat, pembacaan liturgi oleh PM Rishi Sunak yang seorang penganut Hindu hingga keberagaman latar belakang, agama dan gender para tokoh masyarakat dan pejabat pemerintah yang turut andil dalam ritual kali ini," paparnya.
Melalui video yang ia bagikan di Instagram, Desra dan istri tampak hadir mengenakan pakaian adat Lampung dengan dominasi warna putih dan emas. Rupanya hal ini sengaja dilakukan untuk sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia.

"Motif kain Jung Sarat melambangkan keagungan. Umumnya dipakai saat acara besar di Lampung dan proses pembuatannya makan waktu 3,5 bulan karena menggunakan pewarna dari bahan alami," tulisnya.

Gaya pakaian Desra mendapatkan pujian dari warganet. Banyak yang memuji pemilihan busana yang kental budaya Indonesia tersebut.

"Terima kasih sudah memperkenalkan budaya Lampung Bapak dan Ibu," tulis salah satu akun.

"Sebagai rakyat Indonesia terkhusus warga Lampung, sangat tersanjung sekali dengan pakaian adat Lampung dipakai di acara luar biasa seperti ini Pak," tulis akun lainnya.(da)