Perbasi Harap Fasilitas IMS Berdampak pada Prestasi Timnas Indonesia

Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi (ist)
Sekjen Perbasi, Nirmala Dewi (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Sekretaris Jenderal Perbasi Nirmala Dewi berharap Indoor Multifunction Stadium (IMS) yang menjadi venue FIBA World Cup 2023 dapat berdampak pada peningkatan prestasi timnas Indonesia.  Indonesia bersama Jepang dan Filipina menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket atau FIBA World Cup 2023.

FIBA World Cup 2023 dijadwalkan berlangsung pada 25 Agustus-10 September 2023. Pemerintah dan Perbasi pun sudah melakukan banyak persiapan sebagai tuan rumah. Salah satunya dengan menyiapkan arena pertandingan berstandar FIBA, yakni Indoor Multifunction Stadium (IMS) yang berada di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Timnas Indonesia tidak bisa merasakan bertanding di IMS sebagai peserta FIBA World Cup 2023 karena tak berhasil lolos ke putaran final turnamen tersebut.  Akan tetapi, Sekjen Perbasi Nirmala Dewi berharap fasilitas yang dibangun dengan standar FIBA itu akan berdampak pada peningkatan prestasi timnas Indonesia.

Venue tersebut dapat digunakan timnas Indonesia untuk berlatih dan mempersiapkan diri menatap turnamen-turnamen internasional.  "Ini sejarah baru untuk bola basket kita, akhirnya kita punya venue berstandar dunia. Kemudian, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup untuk pertama kali," ucap Nirmala Dewi. 

Sementara itu, Jeremy Imanuel Santoso juga mengingatkan agar para pemain timnas tidak menyia-nyiakan fasilitas yang sudah diberikan pemerintah dan Perbasi.

Manajer timnas bola basket Indonesia itu mengatakan bahwa adanya IMS harus membuat prestasi meningkat termasuk bisa mempertahankan medali emas di SEA Games 2023.