Berikut Perkembangan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo

Pada prosesnya, pembangunan ini begitu menantang," kata Direktur Utama (Dirut) PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Entus Asnawi pada Selasa (27/12/2022).
Pada prosesnya, pembangunan ini begitu menantang," kata Direktur Utama (Dirut) PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Entus Asnawi pada Selasa (27/12/2022).

Gemapos.ID (Jakarta) - Adhi Karya memperoleh penjaminan pendanaan senilai Rp9,89 triliun dari kredit sindikasi yang diberikan pengelola PT Jogja Solo Marga Makmur (JMM).

Hal ini akan dipakai untuk pengerjaan proyek jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo.

Kolaborasi Adhi Karya bersama Jasa Marga diharapkan bisa membangun infrastruktur jalan tol yang aman, nyaman, dan mengutamakan keselamatan.

"Pada prosesnya, pembangunan ini begitu menantang," kata Direktur Utama (Dirut) PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Entus Asnawi pada Selasa (27/12/2022).

Jalan tol itu diharapkan akan memberikan kemudahan aksesibilitas untuk mempermudah akses transportasi dan distribusi.

Selain itu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Fasilitas kredit sindikasi berasal dari Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BCA, selaku Joint Mandated Lead Arranger and Bookrunner (JMLAB).

Hal ini bersama lembaga pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan sembilan perbankan lainnya.

Pendanaannya akan digunakan untuk pelaksanaan pembangunan tahap I sepanjang 49,25 kilometer (km). Jalan tol ini  akan menghubungkan dua provinsi antara Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tahap I pembangunan jalan tol ini terdiri dari Seksi 1.1 Kartasura-Klaten sejauh 22,3 km, Seksi 1.2 Klaten-Purwomartani 20,08 km, kemudian Seksi 2.1 Purwomartani-Maguwoharjo sepanjang 3,63 km, dan sebagian dari Seksi 2.2 Trihanggo-Junction Sleman 3,25 km.

Adhi Karya mengerjakan proyek konstruksi pada Seksi 1.1 dan Seksi 2.2, dengan progres pada Seksi 1.1 telah mencapai 45,9 persen. Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo memiliki total panjang sejauh 96,57 km.

Ruas ini merupakan bagian dari jaringan jalan tol yang berada di wilayah Segitiga Emas Joglosemar (Yogyakarta-Solo-Semarang).

Hal lainnya adalah sebagai salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan akan terhubung dengan jaringan Jalan Tol Transjawa lainnya, salah satunya ialah Tol Yogyakarta-Bawen yang juga dikerjakan Adhi Karya.