Ganjar: Awalnya Pak Jokowi Mendukung Saya

Presiden Joko Widodo santap siang bersama tiga bakal capres, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di ruang makan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023). (foto:gemapos/BPMI setpres)
Presiden Joko Widodo santap siang bersama tiga bakal capres, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di ruang makan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023). (foto:gemapos/BPMI setpres)

Gemapos.ID (Jakarta) - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo dalam wawancara eksklusif media mengakui bahwa dirinya sempat mendapat dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2024. 

Namun, menurut Ganjar, dukungan Jokowi itu hanya diberikan di awal hingga pelaksanaan Rakernas IV PDI Perjuangan pada awal Oktober lalu, dan berubah setelahnya. Jokowi mengklaim dirinya bersikap untuk netral.

"Awalnya Pak Jokowi mendukung saya dari awal. Sampai dengan Rakernas beliau masih menunjukkan statement itu. Terus kemudian terakhir ada statement, oh sepertinya beliau menuju ruang netral," kata Ganjar seperti dikutip gemapos, Kamis (2/11/2023).

Ganjar mengatakan Jokowi akan mendukung semua calon di Pilpres 2024. Ia mengaku menghormati sikap Jokowi untuk tidak memihak pada salah satu pasangan capres, meskipun anaknya Gibran Rakabuming maju sebagai cawapres Prabowo Subianto.

Menurut Ganjar, posisi Jokowi untuk netral patut dihormati. Ia mengaku telah menganggap Jokowi sebagai mentor politiknya.

"Kalau itu menjadi sebuah sikap kenetralan beliau agar kontestasi menjadi fair, saya sangat menghormati. Karena beliau adalah presiden. Dan kemudian dia harus berdiri tegak," ujarnya.

Pada kesempatan serupa, bakal cawapres Ganjar, Mahfud MD tak menampik bahwa dukungan presiden sangat penting pada 2024 mendatang. Sebagai kepala pemerintahan, ia menyebut Jokowi memiliki sumber daya.

Namun, Mahfud mengaku senang jika presiden memilih untuk netral, sehingga semua kubu pasangan capres bisa sama-sama mengambil manfaat. Ia menyatakan pihaknya akan siap bertanding dalam kondisi apapun.

"Kita pokoknya sudah siap kita bertanding, ya dengan situasi apapun yang berkembang. Sekarang situasinya netral," ucap Mahfud. (pu)