Puluhan Ribu Pelari Ikuti Lomba Hibank Jakarta Marathon 2023

Communication Director Jakarta Marathon 2023, Adystra Bimo Herayanto di Jakarta diwawancara terkait Hibank Jakarta Marathon 2023 di Jakarta, Minggu (22/10/2023). (foto: gemapos/ antara)
Communication Director Jakarta Marathon 2023, Adystra Bimo Herayanto di Jakarta diwawancara terkait Hibank Jakarta Marathon 2023 di Jakarta, Minggu (22/10/2023). (foto: gemapos/ antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Sekitar 10 ribu pelari mengikuti lomba lari Hibank Jakarta Marathon 2023 yang diselenggarakan dalam empat kategori berbeda.

Ribuan pelari itu turut meramaikan empat nomor yang dipertandingkan yakni Marathon, Half Marathon, 10K (kilometer) dan 5K (kilometer). Para pelari start dan finish di Plaza Utara, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu pagi.

Communication Director Jakarta Marathon 2023, Adystra Bimo Herayanto di Jakarta, Minggu mengatakan lomba lari tersebut diselenggarakan untuk menumbuhkan sekaligus menyadarkan masyarakat Indonesia tentang gaya hidup sehat dan menjaga lingkungan.

“Ini (Jakarta Marathon 2023) menjadi ajang edukasi buat para peserta untuk bisa lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, dari acara ini kami berharap bahwa para peserta bisa lebih aware lagi pada dampak lingkungan,” kata Adystra.

Pelari untuk kategori marathon dilepas sekitar pukul 04.39 WIB, half marathon dilepas pukul 05.45 WIB, peserta 10 kilometer dilepas pukul 06.00 WIB, dan peserta terakhir dengan kategori 5 kilometer dilepas pukul 06.15 WIB.

“Kita ada sekitar 10 ribuan yang dibagi ke dalam empat kategori, dari kategori ini yang paling banyak masih didominasi 10K, 5K, dan half marathon,” kata dia.

Adystra mengatakan ada sekitar 200 orang tenaga medis disiapkan untuk memastikan keselamatan peserta. Para petugas kesehatan disiagakan setiap 1 kilometer serta penggunaan peralatan medis canggih berstandar internasional.

Selain itu penyediaan pos air mineral guna memastikan peserta mendapatkan cairan yang cukup selama selama berlari.

“Kami mempunyai visi dan misi menggelar acara lari yang berstandar internasional, kami juga sangat mengedepankan tanggung jawab lingkungan dan keselamatan para pelari,” kata Adystra.

Adystra menambahkan total hadiah yang disiapkan pada Hibank Jakarta Marathon 2023 sebanyak Rp1,5 miliar.(ra)