Berikut Ini Daftar Lengkap Pembeli Perdana Kredit Karbon di Bursa RI

Ilustrasi asap karbon dari pabrik (foto: gemapos/ antara)
Ilustrasi asap karbon dari pabrik (foto: gemapos/ antara)


Gemapos.ID (Jakarta)- Setelah resmi diluncurkan, sejumlah perusahaan telah berpartisipasi dalam perdagangan perdana bursa karbon pada Selasa, (26/9/2023).

Dalam perdagangan bursa ini, pelaku usaha yang berbentuk Perseroan memiliki kewajiban dan/atau memiliki komitmen untuk secara sukarela menurunkan emisi Gas Rumah Kaca, dapat menjadi Pengguna Jasa IDXCarbon dan membeli Unit Karbon yang tersedia.

Perseroan dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mengisi Formulir Pendaftaran Pengguna Jasa IDXCarbon yang tersedia pada website www.idxcarbon.co.id.

Selain itu, pemilik proyek yang sudah memiliki Unit Karbon yang tercatat di SRN-PPI, dapat menjual Unit Karbonnya melalui IDXCarbon.

Adapun pihak yang bertindak sebagai penyedia Unit Karbon pada perdagangan perdana kali ini yaitu Pertamina New and Renewable Energy (PNRE) yang menyediakan Unit Karbon dari Proyek Lahendong Unit 5 dan Unit 6 PT Pertamina Geothermal Energy Tbk.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan yang berperan sebagai pembeli Unit Karbon pada perdagangan perdana IDXCarbon secara rinci sebagai berikut:

Sementara itu, Direktur Utama BEI selaku penyelenggara bursa karbon Indonesia IDXCarbon Iman Rachman mengatakan, peluncuran bursa karbon ini menjadi sebuah milestone penting bagi komitmen dekarbonisasi Indonesia menuju Net Zero Emission di tahun 2060 atau lebih cepat.

"IDXCarbon berupaya untuk memberikan transparansi, keandalan, dan keamanan dalam memberikan solusi terbaik bagi perdagangan karbon di Indonesia sehingga tercipta perdagangan yang teratur, wajar, dan efisien. Melalui penyediaan platform yang mengedepankan pengalaman pengguna, diharapkan seluruh pelaku usaha dapat dengan mudah," ujarnya.(pu)