PDIP Bakal Gelar Rakernas IV Pada 29 September 2023

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPD PDIP Provinsi Banten, Kota Serang, Banten, Minggu (10/9/2023). (foto:gemapos/ant)
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPD PDIP Provinsi Banten, Kota Serang, Banten, Minggu (10/9/2023). (foto:gemapos/ant)


Gemapos.ID (Jakarta) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-IV pada Jumat, 29 September 2023.

"Kalau tidak salah tanggal 29 September karena tanggal 28 itu bertepatan dengan Maulid Nabi, nanti tolong dikoreksi. Karena bertepatan Maulid Nabi maka tanggal 29 itu diadakan Rakernas dengan tema untuk kesejahteraan rakyat," kata Hasto ditemui di Kantor DPD PDIP Provinsi Banten, Kota Serang, Minggu (10/9/2023).

Adapun Rakernas Ke-IV PDIP itu mengusung tema "Membangun Kedaulatan untuk Kesejahteraan Rakyat". Rakernas tersebut akan bertempat di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurutnya, tema Rakernas kali ini diambil sekaligus untuk memperingati Hari Tani yang jatuh pada 24 September. Ia menilai tema tersebut sangat penting karena juga menyangkut pangan dan hajat hidup rakyat.

"Pada hari pertama akan membahas tentang pangan, tentang pemberdayaan petani, tentang bagaimana juga penggunaan teknologi tepat guna bagi kepentingan petani untuk meningkatkan produksinya," ujarnya.

Lalu, hari kedua, Rakernas akan membahas soal pembekalan calon anggota legislatif (caleg). Hal ini agar para caleg PDIP memahami peta di setiap daerah pemilihan (dapil).

Tidak hanya itu, hari kedua Rakernas juga membahas soal strategi memenangkan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

"Baru pada hari ketiga rekomendasi, bahwa Rakernas akan dilakukan bertempat di Kemayoran," ucap Hasto.

Dia mengungkapkan partai berlambang banteng moncong putih itu telah mempersiapkan gelaran Rakernas Ke-IV PDIP sejak lama. Rakernas ini juga masuk dalam agenda besar lima tahunan partai.

Sebelumnya, PDIP juga telah menggelar Rakernas Ke-III pada Juni Lalu. Rakernas saat itu dilakukan di Sekolah Partai PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan bertemakan "Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara oleh Negara". (rk)