Sekjen PDIP Sebut Tiga Tokoh Sudah Pendekatan dengan Ganjar Terkait Cawapres, Siapa?



Gemapos.ID (Jakarta) Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut sudah ada tiga tokoh yang melakukan pendekatan dengan bakal calon presiden Ganjar Pranowo jelang Pilpres 2024.

Salah satu di antara tokoh-tokoh itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

"Pak Ganjar bertemu dengan Pak Mahfud MD dalam beberapa kesempatan," ungkap Hasto saat ditemui di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo, Jakarta, Kamis (6/7).

Hasto berkata Ganjar juga sudah pendekatan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Tokoh lainnya yang sudah pendekatan dengan Ganjar adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Tokoh-tokoh itu masuk daftar 10 nama bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar. Nama-nama itu juga diusulkan partai lain sebagai bakal cawapres.

Misalnya, Erick yang diusulkan menjadi cawapres oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Adapun Sandiaga diusulkan oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Pendekatan-pendekatan personal itu kan juga diperlukan sehingga nantinya ketika dilakukan pembahasan secara bersama-sama itu istilahnya buat capresnya juga tidak kawin paksa," ucapnya.

Sebelumnya, PDIP membeberkan 7 dari 10 nama bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo. Nama-nama itu sedang digodok PDIP bersama beberapa partai pengusung Ganjar.

Beberapa bakal cawapres Ganjar adalah Mahfud MD, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Airlangga Hartarto, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Nama lainnya adalah Basuki Hadimuljono, Khofifah Indar Parawansa, dan Ridwan Kamil.(da)