Pameran Terbaru Museum MACAN 2023: Berikut Jam Buka dan Harga Tiket

Museum MACAN (ist)
Museum MACAN (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) di Jakarta Barat menggelar pameran bertajuk 'Somewhere, Elsewhere, Nowhere' yang berlangsung sampai 8 Oktober 2023.

Ini adalah sebuah pameran survei oleh pasangan perupa asal Filipina, Isabel dan Alfredo Aquilizan, yang menampilkan karya-karya instalasi berskala besar serta seni gambar dari praktik kolaboratif mereka dalam rentang lebih dari 20 tahun.

Tak hanya karya tersebut, dalam periode waktu yang sama, terdapat dua pameran lainnya di Museum MACAN. "Dari 24 Juni sampai 8 Oktober 2023, ada tiga pameran sekaligus di Museum MACAN. Satu tiket sudah dapat semua,” kata Asisten Kurator Museum MACAN Adita Lingga, Rabu (6/7/2023).

Dua pameran lainnya berasal dari karya perupa asal Tiongkok dan karya seniman-seniman Indonesia. Pertama, ada sebuah presentasi istimewa dari koleksi Museum MACAN, berjudul Ai Weiwei: 'Baby Formula'.

Karya instalasi Ai Weiwei dari Tiongkok berupa cetakan foto dan sekitar 1.000 kaleng susu formula bayi. Maknanya adalah kritik terhadap susu-susu formula bayi yang tercemar oleh melamin, yang kemudian mengakibatkan penyakit dan kematian bayi-bayi di sana. Pameran terakhir, ada sepilihan karya koleksi Museum MACAN: 'di sini, d.l.l.' dari para seniman lokal Indonesia, salah satunya Raden Saleh.

Pameran ini mengeksplorasi sejumlah kompleksitas sejarah dan narasi terkait lokasi yang berhubungan dengan Indonesia. Pameran ‘Somewhere, Elsewhere, Nowhere’ dan kedua pameran lainnya berlangsung dari 24 Juni hingga 8 Oktober 2023. Lokasi dan jam buka Museum MACAN bisa dikunjungi di AKR Tower Level M, Jalan Panjang No 5, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat. Untuk menuju tempat ini, transportasi umum yang bisa digunakan di antaranya adalah KRL dan Transjakarta.(da)