Prancis Vs Maroko: Giroud dan Regragui Kawan Jadi Lawan

Foto Momen Giroud dan Walid Regragui berseragam Grenoble kala itu.(ist)
Foto Momen Giroud dan Walid Regragui berseragam Grenoble kala itu.(ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Prancis akan menghadapi Maroko di semifinal Piala Dunia 2022. Laga ini akan menjadi reuni antara penyerang Les Bleus, Olivier Giroud dan pelatih Singa Atlas, Walid Regragui.

Menurut catatan Get French Football News, keduanya pernah bersama-sama membela Grenoble, yang saat itu bermain di Ligue 1, pada musim panas 2008. Giroud, yang merupakan jebolan akademi Grenoble, baru saja pulang dari masa peminjaman semusim ke Istres.

Regragui sebetulnya sudah bergabung sejak musim panas 2007, namun sewaktu ia dikontrak, Giroud sudah keburu pergi ke Istres. Sehingga, keduanya baru menjadi rekan setim pada 2008.

Namun ada perbedaan kontras antara Giroud dan Regragui di momen tersebut. Nama pertama masih 22 tahun dan sedang membangun karier, sedangkan yang terakhir sudah 32 tahun dan berada di pengujung karier.

Kebersamaan keduanya pun tak berlangsung lama, yakni hanya dua bulan. Mereka juga hanya sekali bermain bersama, yakni selama 45 menit dalam laga pramusim melawan Strasbourg. Setelah itu, Giroud dilepas ke Tours seharga sekitar 150 ribu Euro.

Sedangkan Regragui tetap bertahan di Grenoble yang dilatih Mehmed Bazdarevic dan membawa timnya finis di urutan 13 klasemen akhir Liga Prancis 2008-09. Setelah itu, ia pindah ke klub Maroko, Moghreb Tetouan dan mengakhiri kariernya di sana.

14 tahun berlalu, keduanya akan kembali bertemu. Giroud, sekarang 36 tahun, sudah kenyang pengalaman dan bergelimang trofi bermain di klub-klub seperti Montpellier, Arsenal, Chelsea, dan saat ini membela AC Milan. Ia juga sudah mengantar Prancis juara Piala Dunia 2018.

Sedangkan Regragui, sekarang 47 tahun, mungkin memiliki karier bermain yang biasa saja, namun di level manajerial, ia merupakan pelatih mumpuni. Di tangannya, Wydad AC berhasil menjadi juara Liga Champions Afrika pada musim lalu.

Ia kemudian direkrut Timnas Maroko, dan sukses membawa Hakim Ziyech dkk ke semifinal Piala Dunia 2022, capaian terbaik yang pernah diraih wakil benua hitam sepanjang sejarah.(da)