Paket Belanja Daring Dikirim Molor Jadi 3 Hari

e-commerce3
e-commerce3
Gemapos.ID (Jakarta) - Riset iPrice dan Parcel Monitor menyebutkan pengiriman paket belanja daring di Indonesia molor rata-rata menjadi 3 hari dibandingkan sebelumnya yang hanya 2,3 hari akibat pandemi Covid-19. Angka ini lebih baik dibandingkan Malaysiai menjadi 4,6 hari dari 2,1 hari. Untuk Thailand dari 1,8 hari menjadi 2 hari Singapura dari 1,3 hari menjadi 1,5 hari. Sementara itu pada kuartal ketiga 2020 pengunjung website e-commerce Tokopedia mencapai 84 jutaan per bulan, naik 25% dibandingkan awal tahun. Merujuk Peta Persaingan E-commerce Indonesia, pertumbuhan total pengunjung website Tokopedia meningkat 40% dibandingkan kuartal III 2019 yang hanya 60 jutaan per bulan. Tokopedia juga merupakan satu-satunya e-commerce lokal yang memiliki pengunjung website lokal terbanyak di Asia Tenggara menyaingi Shopee dan Lazada pada 2019. Total kunjungan website Tokopedia mencapai 900 jutaan selama 2019. Menariknya, Nikkei Asian Review melaporkan Google memegang sekitar 1.6% kepemilikan di Tokopedia, sedangkan Anderson Investment berafiliasi dengan Temasek memiliki 3,3%. Data ini melihat dokumen yang diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tertanggal 4 November lalu. Sebelumnya, Bukalapak juga menerima dana segar dari Microsoft pada bulan yang sama sebesar US$100 juta berdasarkan laporan Bloomberg. Investasi ini akan mengarah ke kemitraan produk Microsoft untuk Bukalapak. Salah satunya adalah pengembangan teknologi berbasis Microsoft Azure untuk Bukalapak. Bukalapak juga meraih kunjungan website 646 Jutaan selama 2019 dan menduduki peringkat ke-4 di Asia Tenggara setelah Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Pada kuartal III 2020 Bukalapak di peringkat ketiga dengan total rerata kunjungan website bulanan 35 jutaan. (din)