Kondisi Terkini Gangguan Indihome dan Telkomsel

telkom
telkom
Gemapos.ID (Jakarta) - TelkomGroup mengidentifikasi masalah kabel laut yang menyebabkan gangguan internet pada layanan Indihome dan Telkomsel sejak Minggu (19/9/2021). Kejadian ini dihadapi dengan melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan, dan Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado. Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom, Pujo Pramono pada Senin (20/9/2021). Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak. Titik gangguan berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam, di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut. "Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata Pujo. Pelanggan layanan fixed broadband Indihome dan mobile broadband Telkomsel mengeluh internet mereka melambat sejak Minggu (19/9/2021) pukul 17.33. Indihome dan Telkomsel hingga siang ini menjadi topik terhangat (trending topic) di media sosial Twitter. Pengguna Indihome di Jakarta dan Bogor masih mengalami kendala hingga siang ini. Telkomsel menyatakan gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, pada Minggu (19/9/2021) kemarin. Gangguan hanya berakibat pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal. "Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkomsel, Denny Abidin. TelkomGroup menyatakan layanan berangsur pulih sejak tengah malam.