Bagaimana Restoran Bisa Tetap Hidup Sekarang?

self service
self service
Gemapos.ID (Jakarta) Pelaku usaha mana yang tidak pusing dengan pemberlakuan physical distancing (menjaga jarak) guna mencegah penularan Corona Virus Disease 2019/Covid-19 (Virus Korona). Disamping ingin memprioritaskan keselamatan diri dan para karyawan, mereka sedang berpikir keras bagaimana agar dapat tetap berjualan. Terlebih belum ada yang dapat memastikan berapa lama lagi masa pandemi Covid-19 akan berlalu, bisa sebulan, dua bulan, atau hingga akhir tahun. Semua pelaku usaha sangat sadar, bahwa ‘zero productivity’ (tutup total) bukanlah solusi jangka panjang. Semua pebisnis menunggu waktu untuk bisa membuka gerai kembali dan mencari alternatif untuk menjaga omzet penghasilan. Tidak profit sekalipun bukan masalah, namun paling tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan karyawan hingga masa sulit ini berlalu. Namun bagaimana agar tetap dapat berjualan, apabila masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah? Bagaimana dapat berjualan jika toko dan restoran sepi tanpa pengunjung? Setiap kesulitan ada kesempatan dan setiap permasalahan ada solusi. Sadar atau pun tidak kita mulai melihat banyak usaha mulai beralih kepada layanan antar gratis bagi setiap pesanan yang diterima dan ternyata cara ini cukup efektif. Benar bahwa pada saat physical distancing dan work from home (WFH) sekalipun, setiap orang tetap perlu memenuhi kebutuhannya, apalagi kebutuhan yang mendasar yaitu makan. Hal ini menjadi satu peluang baru bagi pelaku food and beverage yang dapat menawarkan jasa delivery, terlebih gratis, untuk mendapatkan ceruk pasar, survive, bahkan berkembang lebih besar dibanding sebelumnya. OlseraPOS merupakan point of sale yang menghadirkan solusi menihilkan biaya pemakaian selama merchant harus tutup operasional. Kini perusahaan ini meluncurkan fitur Olsera Online Order, yang merupakan sebuah paket fitur yang akan terdiri dari Dine In, Reservation, Take Away dan Delivery. “Fitur Take Away and Delivery dibutuhkan oleh para merchant saat ini untuk bisa produktif, dengan tetap memperhatikan kebijakan physical distancing,” kata Novendy, Co-Founder OlseraPOS belum lama ini. Dengan Fitur Take Away, pelanggan dapat melakukan pesanan dari rumah untuk kemudian menjemput pesanan tersebut di toko/restoran, meniadakan kebutuhan untuk menunggu pesanan di tempat yang menjadi momok bagi sebagian besar orang Dengan fitur Delivery, merchant juga dapat menentukan jam antar dan jarak antar gratis yang dikehendaki. Walaupun toko, restoran tidak menerima tamu sekalipun, mereka tetap dapat generate sales. “Tetap mendapatkan penghasilan dengan kemudahan pemesanan yang diberikan kepada pelanggan untuk take order dari rumah, dan pesanan terhubung langsung ke point of sale Olsera yang mereka gunakan," ujar Ali, Co-Founder OlseraPOS. OlseraPOS berkomitmen memberikan fitur secara gratis, tanpa biaya tambahan kepada para merchant yang telah menggunakan layanan software kasir Olsera atau belum menggunakan sekalipun. “Prioritas kami adalah bagaimana agar dapat membantu para pebisnis F&B agar tetap produktif, mampu melalui masa-masa sulit ini, bahkan memanfaatkan kesempatan ini sebagai momentum untuk menjangkau lebih banyak pelanggan,” pungkas Novendy. (mam)