Pernah Dibantai Kroasia 0-3, Timnas Argentina Waspada Penuh

Luka Modric pemain kunci timnas kroasia (ist)
Luka Modric pemain kunci timnas kroasia (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Timnas Argentina pernah dibantai Kroasia 0-3 pada fase grup Piala Dunia 2018. Memori kelam itu membuat pasukan Tim Tango waspada penuh ketika kembali bersua Vatreni.

Empat tahun berselang dari kekalahan memalukan itu, Timnas Argentina vs Kroasia kembali terjadi pada semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB. 

Ada beberapa nama dari kedua tim yang merasakan tampil pada pertemuan terakhir di Rusia tersebut. Di kubu Kroasia, ada tujuh pemain, yakni Luka Modric, Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Mateo Kovacic, dan Andrej Kramaric. 

Sementara di skuad Argentina saat ini ada lima pemain tampil yang kembali dibawa, yakni Lionel Messi, Nicola Tagliafico, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna, dan Paulo Dybala. 

Kondisi ini membuat pasukan Timnas Argentina sangat hati-hati bertemu kembali Kroasia. Mereka tak mau kejadian empat tahun lalu terulang. 

“Terlepas dari apa yang terjadi 4 tahun lalu, hari ini kita melihat Kroasia dalam perjalanan mereka ke final. Mereka suka bekerja keras. Mereka adalah tim yang terbentuk dengan sangat baik. Ada beberapa kesamaan juga,” ujar fullback Argentina Nicola Tagliafico, pada jumpa pers, Senin (12/12/2022). 

“Tapi, ada pemain yang berbeda, karakteristik yang berbeda juga. Kami juga memiliki tim yang berbeda, jadi saya pikir ini akan sangat berbeda dengan 4 tahun lalu. Permainan akan dimainkan dengan cara yang berbeda juga,” tuturnya. 

“Tapi bagaimanapun, kami harus berhati-hati. Kami memiliki pengalaman dari pertandingan itu,
dan kami harus mengambil keuntungan dari itu juga,” ucapnya. (da)