Petugas Lapas Narkotika Samarinda Gagalkan Penyelundupan Sabu Dalam Makanan

Reka ulang saat Petugas lapas menggeledah makanan yang di bawa pelaku ke lapas
Reka ulang saat Petugas lapas menggeledah makanan yang di bawa pelaku ke lapas

Gemapos.ID (Jakarta) - Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Samarinda kembali menggagalkan upaya penyelundupan Narkoba jenis sabu dalam titipan makanan berupa lauk gulai ayam yang masuk ke Lapas setempat.

“Petugas kami kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu yang dibawa pengunjung masuk ke dalam lapas, melalui gulai ayam. Penyelundupan ini dapat digagalkan berkat kejelian dan ketelitian petugas pemeriksaan barang,” jelas Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Hidayat di Samarinda, Kamis.

Dia menerangkan bahwa seorang pengunjung berinisial AS (20) yang merupakan pria asal Samarinda ini nekat menyelundupkan sabu lewat gulai ayam.

Modus yang digunakan pelaku untuk mengelabui petugas merupakan modus lama, yaitu dengan memasukkan bungkusan berisi sabu ke dalam potongan daging lauk.

Dia mengatakan upaya tersebut gagal berkat ketelitian dan kejelian petugas pemeriksaan barang yang mendapati sebanyak tiga plastik putih kecil yang berisi narkoba jenis sabu dengan berat sekitar lima gram.

“Selanjutnya kita melaporkan langsung kejadian tersebut ke Kadivpas dan Kakanwil, dan melakukan koordinasi dengan Polresta Samarinda melalui Kasat Narkoba untuk proses lebih lanjut,” tandasnya.

Menurutnya, berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), bahwa makanan maupun barang titipan yang masuk ke Lapas mesti digeledah atau diperiksa lebih dulu.

“Atas kejadian ini kami menyampaikan apresiasi kepada petugas jajaran Lapas Narkotika Samarinda, dan meminta untuk terus meningkatkan kinerja dengan deteksi dini, serta berkomitmen untuk memerangi peredaran gelap Narkoba,” tutur Hidayat.(ap)