Festival Indonesia Giving Fest 2022 Akan Digelar FOZ Akhir Desember 2022

"Kami berharap masyarakat bisa datang ke sini untuk melihat langsung apa yang dilakukan lembaga zakat," kata Direktur Eksekutif Forum Zakat Agus Budiyanto dalam diskusi Ruang Tengah, di Jakarta pada Rabu (7/12/2022)
"Kami berharap masyarakat bisa datang ke sini untuk melihat langsung apa yang dilakukan lembaga zakat," kata Direktur Eksekutif Forum Zakat Agus Budiyanto dalam diskusi Ruang Tengah, di Jakarta pada Rabu (7/12/2022)

Gemapos.ID (Jakarta) - Asosiasi lembaga pengelola zakat, Forum Zakat (FOZ), akan menggelar Festival Indonesia Giving Fest 2022 pada 23-25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Langkah ini sebagai upaya menggaungkan kontribusi gerakan zakat kepada masyarakat.

"Kami berharap masyarakat bisa datang ke sini untuk melihat langsung apa yang dilakukan lembaga zakat," kata Direktur Eksekutif Forum Zakat Agus Budiyanto dalam diskusi Ruang Tengah, di Jakarta pada Rabu (7/12/2022).

Festival ini akan melibatkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota Forum Zakat dan menargetkan sekitar 15.0000 pengunjung dalam tiga hari perhelatan.

Indonesia Giving Fest menjadi yang pertama digelar oleh asosiasi OPZ.

Sebanyak tiga agenda utama, yakni seminar dengan sejumlah pemangku kebijakan.

Kemudian anjungan-anjungan yang menampilkan berbagai produk dari hasil pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan OPZ dan hiburan artis ibu kota dan pemengaruh (influencer).

"Secara target efek, kami berharap masyarakat lebih percaya, lebih merasa aman, dan merasa nyaman menyalurkan zakat ke lembaga-lembaga zakat yang ada di Indonesia," tuturnya.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK Aris Darmansyah Edisaputra menambahkan Indonesia Giving Fest akan menjadi suatu bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat terkait pengelolaan zakat.

"Selain itu, program-program pemberdayaan tersebut akan membuktikan bahwasannya hal itu bisa dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat," ucapnya

Pada kesempatan yang sama General Manager (GM) Komunikasi & Corporate Secretary Dompet Dhuafa Dian Mulyadi mengemukakan pihaknya akan memaksimalkan festival tersebut untuk memaparkan serta menampilkan hasil capaian program pemberdayaan yang telah dilakukan selama ini.

"Kami memang punya kepentingan memberikan edukasi dan publikasi kepada masyarakat, bahwa dana zakat yang dikelola dengan maksimal itu Insya Allah bisa mengentaskan kemiskinan, bisa meningkatkan martabat hidup masyarakat marginal," tuturnya. (ant/mau)