BNPT RI Ingatkan Generasi Muda Waspadai Bahaya Propaganda Destruktif

Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar dalam program Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (WARUNG) NKRI
Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar dalam program Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (WARUNG) NKRI

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI mengingatkan generasi muda terus mewaspadai bahaya propaganda destruktif lewat program Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (WARUNG) NKRI.

"Warung NKRI dapat merevitalisasi nilai Pancasila, memperkuat narasi positif di tengah maraknya disinformasi, serta mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat," kata Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Mantan kepala Polda Papua tersebut menyakini dengan membuka ruang-ruang dialog yang ringan seperti WARUNG NKRI, maka suara emas kebangsaan yang harus digaungkan ke masyarakat dalam menghadapi distorsi informasi semakin membumi.

Menurut lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 tersebut, salah satu unsur yang bisa menangkal paham radikal serta mencegah propaganda destruktif di masyarakat ialah kelompok pramuka yang diisi oleh generasi muda.

"Pramuka ini menjadi sarana komunikasi bagi teman sebayanya dalam membangun kebinekaan dan karakter keindonesiaan," tambahnya.

Dia juga menyakini kelompok pramuka bisa membentuk ketahanan maupun kewaspadaan generasi muda terhadap paham-paham yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan NKRI.

"Ketahanan anak muda serta kewaspadaan harus kita tingkatkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Timur R. Heru Wahono Santoso menyambut baik hadirnya WARUNG NKRI di wilayah tersebut karena dapat mengedukasi masyarakat tentang pencegahan paham radikal dan terorisme.

"WARUNG NKRI merupakan wujud inovasi pencegahan radikalisme dengan mengerahkan seluruh kekuatan negeri," imbuhnya.

Heru menilai WARUNG NKRI merupakan inovasi pencegahan radikalisme yang digagas BNPT dengan melibatkan peran serta semua pihak untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kami mengapresiasi berdirinya WARUNG NKRI Jember, sebuah program soft approach dengan pemberdayaan ekonomi yang menjadi pelopor dalam mewujudkan revitalisasi nilai Pancasila," ujarnya.

BNPT terus memperbanyak WARUNG NKRI di daerah, yang terbaru ialah WARUNG NKRI di City Forest dan Farm Jember, Jawa Timur.(pa)