Mulai 5 Desember, Lansia di Bengkulu Bisa Lakukan Vaksinasi Dosis 4

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Kota Bengkulu
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Kota Bengkulu

Gemapos.ID (Jakarta) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu akan melaksanakan vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia (lansia) dosis 4 pada 5 Desember dan ditargetkan mencapai 5 persen di akhir 2022.

"Pelaksanaan vaksinasi dosis 4 bagi lansia di Provinsi Bengkulu akan di mulai pada 5 Desember nanti," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Kota Bengkulu, Sabtu.

Pelaksanaan vaksinasi dosis keempat tersebut akan dimulai di Kabupaten Bengkulu Tengah dan pada 7 Desember akan dilaksanakan di Kabupaten Rejang Lebong.

Meskipun akan dimulai di dua wilayah di Provinsi Bengkulu, namun seluruh fasilitas kesehatan diminta untuk segera melakukan percepatan vaksinasi dosis 4 untuk lansia.

Pelaksanaan vaksinasi dosis 4 untuk lansia tersebut untuk menekan penyebaran wabah COVID-19 terhadap kelompok rentan.

"Kelompok lansia menjadi prioritas penerima vaksin COVID-19 dosis kedua sebab lansia menjadi kelompok rentan yang terpapar COVID-19 dan saat ini kasus tersebut mengalami kenaikan di Bengkulu," ujarnya.

Untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia akan dilakukan menggunakan vaksin COVID-19 jenis Pfizer dengan ketersediaan sekitar 17.550 dosis yang telah disalurkan ke seluruh wilayah di Provinsi Bengkulu.

Vaksin jenis Pfizer tersebut dapat digunakan untuk dosis pertama, kedua, ketiga dan keempat serta diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bengkulu.

Sementara itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat Bengkulu untuk segera melaksanakan vaksinasi COVID-19 dan menjaga daya tahan tubuh.

Hal tersebut dilakukan karena akhir-akhir ini kasus COVID-19 di Provinsi Bengkulu mengalami kenaikan dan saat ini telah tercatat sebanyak 83 orang dinyatakan positif.(pu)