UPTD Rumah Kemasan Babel Jadi Tempat Rujukan UMKM

Sekretaris Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel Deki Susanto yang berkunjung bersama para pejabat dan pegawai ke UPTD RPK Disperindag Babel
Sekretaris Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel Deki Susanto yang berkunjung bersama para pejabat dan pegawai ke UPTD RPK Disperindag Babel

Gemapos.ID (Jakarta) - Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Rumah Promosi dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi tempat rujukan untuk belajar mengemas dan mempromosikan berbagai produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Sampai saat ini sudah ada beberapa pejabat daerah dan organisasi perangkat daerah dari luar Babel yang sengaja datang untuk melakukan studi tiru di UPTD Rumah Promosi dan Kemasan (RPK)," kata Sekretaris Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Babel Deki Susanto di Pangkalpinang, Sabtu.

Menurut dia, kunjungan para pejabat dan pegawai dari daerah lain itu merupakan salah satu bukti keberhasilan UPTD RPK Disperindag Babel dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Babel.

"Sudah ada beberapa daerah yang datang melakukan studi tiru, terakhir kemarin kita menerima kunjungan dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara," ujarnya.

Deki mengatakan tugas dan fungsi UPTD RPK Disperindag Babel salah satunya mendukung, memfasilitasi pertumbuhan dan pengembangan produk pelaku UMKM, melalui berbagai program dan kegiatan yang telah disiapkan dan terukur.

Keberadaan UPTD RPK selama ini dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM karena sering membantu dalam pembuatan desain produk dan kemasan sehingga menjadikan produk lokal lebih memiliki daya saing di pasaran.

Dengan peningkatan pemasaran berbagai produk UMKM lokal diharapkan perekonomian masyarakat semakin tumbuh dan tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.

"Kami berharap kehadiran UPTD RPK ini bisa bermanfaat dan mendorong pengembangan standarisasi produk UMKM dan IKM di Babel sekaligus meningkatkan kualitas dan daya saing produk daerah," katanya.

Terkait dengan kunjungan Dinas Koperasi dan UKM Pematangsiantar, Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran UPTD RPK Disperindag Babel Yossie Riestu Pradhifta, menjelaskan tujuan kunjungan kerja itu untuk belajar proses pembentukan UPTD RPK Babel sebagai masukan rencana pembangunan RPK di Pematangsiantar.

UPTD RPK Babel menjadi referensi dinas tersebut untuk mengembangkan layanan kepada masyarakat dalam membentuk UPTD RPK Kota Pematangsiantar.

"Kami juga ingin menjalin hubungan baik dengan dinas terkait di luar daerah agar nanti bisa dikembangkan kerja sama bidang lain yang bisa membantu pertumbuhan dan kemandirian UMKM," katanya.

Selain meningkatkan silaturahim, kegiatan seperti itu juga diharapkan memberikan motivasi bagi seluruh pegawai agar bisa lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan dan pengembangan produk di daerah.(ri)