Dalam Rangka HUT Ke-77, Hubdam II/Sriwijaya Gelar Workshop Being Digital

Kegiatan Workshop Being Digital dan mengambil tema, "Menyiapkan Mindset Digital bagi Prajurit Perhubungan dalam Transformasi Organisasi satuan Perhubungan"
Kegiatan Workshop Being Digital dan mengambil tema, "Menyiapkan Mindset Digital bagi Prajurit Perhubungan dalam Transformasi Organisasi satuan Perhubungan"

Gemapos.ID (Jakarta) - Perhubungan Daerah Militer (Hubdam) II/Sriwijaya menyelenggarakan "Workshop Being Digital dan mengambil tema, "Menyiapkan Mindset Digital bagi Prajurit Perhubungan dalam Transformasi Organisasi satuan Perhubungan" dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Korps Perhubungan TNI AD.

Adapun Workshop ini diikuti seluruh Perwira Hubdam II/Swj dan dibuka langsung oleh Kahubdam II/Swj, Kolonel Chb Mohamad Nazar, Selasa (22/11) bertempat di Ballroom Hotel The Zuri Palembang.

Selain membuka acara, bersama dua narasumber lainnya Kahubdam II/Swj juga menjadi salah satu pembicara di acara tersebut yakni, Bapak Jawara Andra Patra  (Head Of Representative Officer T- Cloud Telkom Palembang) mengenai Digital  Mindset dan Bapak Wisnu Pranadi, S.T dengan membawakan materi Tranformasi Digital Organisasi. 

Kahubdam II/Swj sendiri membawakan materi tentang Perubahan Kultur Digital bagi Satuan TNI. Ia mengatakan bahwa, dalam era digital ini, efektivitas dari pemanfaatan data sangat tergantung pada kemampuan manajemen ketersediaan data, interpretasi data secara cepat, dan penggabungan unsur dinamika lapangan yang semakin kompleks. 

"Operasi Militer modern melibatkan berbagai unsur kesatuan dan lembaga yang membutuhkan kemampuan pemahaman, perencanaan, dan koordinasi yang pada saat ini tidak bisa lepas dari sistem digital", terangnya.

Kahubdam II/Swj juga menambahkan bahwa bagaimana konsep transformasi digital dapat menghadapi tantangan tugas di era revolusi industri 4.0 yang ada saat ini.

Sementara itu, ia juga menggarisbawahi bahwa yang paling utama dari semuanya adalah adanya perubahan mindset setiap prajurit tentang  pola pikir untuk memaksimalkan teknologi di dalam lingkungan serba digital, serba otomatis, serba cepat dan serba kompleks menjadi  pola pikir, pola tindak sampai dengan terwujudnya kultur baru yang dikenal dengan kultur digital.

Kemudian, terakhir disampaikan juga bahwa, manfaat yang dirasakan oleh peserta dari kegiatan seminar ini adalah para peserta menjadi lebih termotivasi dan lebih percaya diri untuk menjadi kreatif di era digital.

"Konsep digital dapat dengan baik menyiapkan individu-individu yang siap tempur dan berani mencoba, yang dibekali dengan behavior dan attitude yang baik, agar dapat mengembangkan dan memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan satuan TNI Angkatan Darat khususnya Kodam II Sriwijaya", tuturnya.(pu)