Ini Prolfil Akbar Himawan Buchari yang Terpiliha Jadi Ketua HIPMI XVII

Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025
Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025

Gemapos.ID (Jakarta) - Akbar Himawan Buchari terpilih menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2022-2025.

Ia terpilih sebagai Ketua Umum HIPMI setelah menang dalam pemungutan suara yang digelar dalam Musyawarah Nasional (Munas) HIPMI XVII di Kota Solo, Jawa Tengah pada Rabu (23/11).

Akbar Himawan Buchari mendapatkan suara tertinggi sebanyak 96 suara, mengalahkan dua kandidat lainnya, yaitu Bagas Adhadirgha dan Anggawira.

Diketahui, Akbar Himawan Buchari adalah pengusaha bus. Dikutip dari akbarbuchari.com, Akbar Himawan Buchari lahir di Medan, Sumatera Utara pada 25 November 1988. Sehingga saat ini, umurnya 34 tahun.

Akbar Himawan Buchari dikenal sebagai sosok pengusaha muda dengan menjalankan bisnis di berbagai bidang. Mulai dari transportasi, perhotelan, perkebunan kelapa sawit, properti hingga bidang konstruksi.

Ia menjadi pimpinan perusahaan otobus (PO) Kurnia dengan armada sekitar 250 unit bus. Bisnis lain yang dijalankan Akbar Himawan Buchari adalah Hotel Swissbell In Gajah Mada dan Hotel Saka di Kota Medan.

Sebelumnya, pada 2014, Akbar Himawan Buchari pernah menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Sumatera Utara. Ia terpilih dalam Musda XV HIPMI Sumatera Utara yang digelar di Grand Aston Hotel Medan pada 26 September 2014.

Saat ini, Akbar Himawan Buchari menjabat sebagai sebagai Wakil Ketua Umum BPP HIPMI. Selain sebagai pengusaha, Akbar Himawan Buchari juga dikenal sebagai politisi.

Ia memilih Partai Golkar sebagai kendaraan politiknya. Akbar Himawan Buchari kini duduk sebagai anggota DPRD Sumatera Utara periode 2019-2024.

Selain itu, ia juga dipercaya sebagai Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumatera Utara. Akbar Himawan Buchari juga aktif sebagai Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatera Utara.

Dalam kehidupan pribadi, Akbar telah menikah dengan Ayu Akbar. Keduanya telah dikaruniai tiga anak, yaitu Aidan Akbar Buchari, Azzan Akbar Buchari, dan Alaïa Aisha Buchari.

Sementara itu, untuk pendidikan Akbar Himawan Buchari merupakan lulusan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Di UISU, ia menyelesaikan pendidikan S1-Hukum. 

Selain itu, dalam perjalanan usaha dan bisnis yang dijalankan Akbar Himawan Buchari tak luput dari pikiran atau sosok ayahnya. Sayangnya, ayah Akbar Himawan Buchari meninggal dalam kecelakaan pesawat Garuda Indonesia GA-152 di Desa Buah Nabar, Deli Serdang, Medan pada 1997.

"Mungkin kalau ayah masih hidup, saya sekarang baru lulus S2 dan baru belajar bisnis."

"Tapi, kenyataannya tidak seperti itu. Saya harus menjalankan bisnis ketika usia masih kecil," kata dia, Senin (18/4/2022).

Dengan berkat asam garam kehidupan, bisnis dan usahanya bisa melejit sampai saat ini. Pada saat menjalani bisnis, ada beberapa rintangan dan ujian yang menerpanya.

Di antaranya konflik antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan TNI, dapat intimidasi dari sejumlah oknum yang mengakibatkan 20 bus dibakar dan kejadian tsunami menghantam Aceh, sekitar 50 bus terkena dampaknya.

Terbaru, Akbar Himawan Buchari menjadi Ketua Umum HIPMI setelah mengalahkan Bagas Adhadirgha dan Anggawira dengan dua ronde pemilihan dalam sidang. 

Akbar mendapat suara sebanyak 96, sedangkan Bagas mendapatkan suara 68 suara. Padahal dalam pemungutan suara ronde pertama, Bagas lebih unggul dengan skor 71, Akbar 57 dan Anggawira dengan skor 41.

"Menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari, sebagai Ketua Umum BPP Hipmi masa bakti 2022-2025," kata Pimpinan Sidang Pemilihan Ketua Umum HIPMI.

Dalam kesempatan ini, Akbar Himawan Buchari sempat terlihat menenangkan para pendukungnya dan mengucap syukur atas kemenangannya.

"Yang ada adalah pembelajaran jadi pemimpin nasional. Ke depan kita berharap kader HIPMI di kanan dan kiri saya, beliau jadi menteri kayak bang Bahlil," kata Akbar Himawan Buhari.

Ia juga mewakafkan diri dan mengabdikan diri untuk HIPMI. Dirinya memohon kerjasama di atas kepentingan apapun di HIPMI.

"Berharap dengan terpilih, akan membentuk sistem pertahanan khusus dan tetap eksis dalam berkontribusi dalam membangun ekonomi nasional," tegasnya.(ra)