Letkol Inf Eko Setiawan, Komandan Pertama Kodim Pegunungan Arfak

Letnan Kolonel Infantri Alexander Eko Setiawan mengucapkan sumpah/janji di atas Alkitab sebagai komandan pertama Kodim 1812/Pegunungan Arfak, di Papua Barat, Selasa (22/11/2022). (ant)
Letnan Kolonel Infantri Alexander Eko Setiawan mengucapkan sumpah/janji di atas Alkitab sebagai komandan pertama Kodim 1812/Pegunungan Arfak, di Papua Barat, Selasa (22/11/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema, melantik Letnan Kolonel Infantri Alexander Eko Setiawan sebagai komandan pertama Kodim 1812/Pegunungan Arfak, Selasa (22/11/2022).

Sebelum pelantikan komandan Kodim 1812/Pegunungan Arfak dan pelaksanaan alih kodal satuan jajaran Kodim 1801/Manokwari kepada Kodim 1812/ Pegunungan Arfak, didahului peresmian Kodim 1812/Pegunungan Arfak oleh Wakil Kepala Staf TNI AD, Letnan Jenderal TNI H Agus Subiyanto, mewakili Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Dudung Abdurachman, secara virtual dari Mabes TNI AD di Jakarta.

Peresmian Kodim baru ini berdasarkan SK Kepala Staf TNI AD Nomor 858/2022 tanggal 20 Oktober 2022.

Lema mengatakan, sejak satuan jajaran Kodam XVIII/Kasuari terbentuk, masyarakat sudah memberikan kepercayaan kepada jajaran TNI AD sekaligus mengharapkan terbentuk satuan baru Kodim di wilayah Pegunungan Arfak.

Pembentukan Kodim baru tersebut, kata dia, sepenuhnya berdasarkan kepentingan dan kebutuhan masyarakat setempat.

Awalnya di Pegunungan Arfak terbentuk tiga Koramil yang selama ini berada di bawah naungan Kodim 1801/Manokwari.

"Lewat Peraturan Kepala Staf TNI AD sudah ditingkatkan statusnya menjadi satu satuan yaitu Kodim 1812/Pegunungan Arfak, dibawah jajaran Korem 182/JO," ujar Lema.

Keberadaan Kodim di Pegunungan Arfak, kata dia, juga dalam rangka mengawal dan menjaga kedaulatan NKRI serta memastikan perlindungan terhadap masyarakat.

"Selain itu tentunya terus membantu percepatan pembangunan di seluruh wilayah Republik Indonesia termasuk di Kabupaten Pegunungan Arfak ," ujar dia.

Melalui kehadiran Kodim baru itu dia berharap Kabupaten Pegunungan Arfak semakin mengalami perkembangan yang terus membaik seperti yang diharapkan bersama.

Ia memerintahkan Setiawan segera berorientasi dengan tugas yang baru, mengenali wilayah tugas dan tanggung jawabnya.

Kabupaten Pegunungan Arfak memiliki 10 distrik (kecamatan) dan 166 lampung (desa).

"Segera lakukan orientasi dan menata kembali organisasi yang ada di bawah Kodim karena yang sekarang masih tiga Koramil," kata Lema.

Ia juga meminta agar kehadiran Kodim di Pegunungan Arfak dan seluruh perangkatnya serta para prajurit akan membawa suatu dampak yang positif bagi masyarakat setempat.

Jajaran Kodim 1821/Pegunungan Arfak diminta terus melakukan kolaborasi, sinergitas, kebersamaan dengan semua komponen serta seluruh masyarakat setempat.