Mendorong Mahasiswa Bisa Magang di BUMN Besar

Anggota DPR RI asal Aceh Muslim (tengah) saat berfoto bersama di kegiatan seminar nasional, di Unimal, Lhokseumawe, Senin (21/11/2022). (ant)
Anggota DPR RI asal Aceh Muslim (tengah) saat berfoto bersama di kegiatan seminar nasional, di Unimal, Lhokseumawe, Senin (21/11/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Anggota DPR RI asal Aceh Muslim berkomitmen mendorong mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe dan Aceh secara umum untuk bisa magang atau memiliki kesempatan kerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) besar di Indonesia.

“Saya mendorong agar BUMN memberi peluang sebesar-besarnya bagi anak Aceh, khususnya mahasiswa Unimal berkesempatan magang di perusahaan BUMN,” kata Muslim dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Hal itu disampaikan Muslim saat mengisi seminar nasional yang dilaksanakan Alumni Teknik Informatika (IKATIF) Unimal bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) dengan tema transformasi digital, peluang dan tantangan pembangunan ekonomi Aceh, di GOR ACC Unimal, Lhokseumawe.

Muslim menegaskan, dirinya berkomitmen penuh untuk memperjuangkan mahasiswa Aceh secara umumnya benar-benar memiliki kesempatan kerja di BUMN seperti Bank Syariah Indonesia (BSI), Pertamina, PLN dan perusahaan besar milik negara lainnya.

"Saya komit untuk memperjuangkan ini, sehingga transfer knowledge (ilmu pengetahuan) bisa terwujud kepada generasi muda Aceh," ujar anggota Komisi VI DPR RI itu.

Selain itu, di hadapan 500 peserta seminar yang terdiri dari pelaku usaha, dosen dan mahasiswa Unimal tersebut, dirinya meminta supaya diskusi seperti itu harus rutin dilaksanakan perguruan tinggi supaya bisa memberikan inspirasi bagi kaum muda untuk terus berkiprah di tingkat nasional bahkan mampu bersaing di Internasional.

Sementara itu, Rektor Unimal Prof Herman Fithra menginginkan masyarakat Aceh terutama mahasiswa bisa terus berkompetisi dalam dunia kerja, dan berharap BUMN salah satunya BSI bisa memberikan peluang kepada mahasiswa diterima magang di sana.

"Karena BSI merupakan sebuah perbankan yang saat ini sedang berkembang, maka kesempatan kerja harus diberikan juga kepada alumni Unimal,” kata Prof Herman.

Dalam kesempatan ini, Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta mengajak segenap pihak untuk terus mendukung proses perkembangan yang terjadi dalam tubuh BSI.

“Hasil dari seminar ini kami harap bisa melahirkan generasi unggulan yang mampu melihat peluang dan tantangan dalam pembangunan ekonomi bagi mahasiswa pascakuliah dan khususnya bagi masyarakat Aceh,” kata Bob Tyasika Ananta.

Dirinya juga menegaskan bahwa BSI tidak hanya menjadi perbankan syariah untuk kebutuhan dunia saja, tetapi juga bisa membantu kemudahan beramal untuk akhirat. (hr)