Tingkatkan Produksi Pangan, Moeldoko Ingatkan Mentan Optimalkan Cuaca

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat mengecek pasar
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat mengecek pasar

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengingatkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan semua pihak terkait untuk mengoptimalkan kondisi cuaca sedang yang baik untuk meningkatkan produksi tanaman pangan.

"Kita perlu optimalkan kondisi cuaca yang berjalan saat ini dan kita harus optimalkan petani kita. Saya pikir menteri pertanian harus optimalkan momentum yang baik ini untuk meningkatkan produktivitas pertanian," kata Moeldoko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Moeldoko mengatakan hal itu di sela-sela kunjungan kerjanya ke Batam, Kepulauan Riau, Selasa, dan menyampaikan bahwa cuaca yang baik harus dimanfaatkan; karena apabila sudah memasuki musim kering atau musim banjir, maka akan berrisiko gagal panen.

Dia mengakui bahwa masyarakat masih kesulitan mendapatkan pupuk anorganik karena harga pupuk kimia sangat mahal. Oleh karena itu, dia mengimbau agar distribusi pupuk mulai dibenahi.

"Distribusi pupuk harus terkontrol dengan baik. Kami, selaku Pemerintah, juga harus pastikan distribusi pupuk mengalir tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlah," tambah Moeldoko.

Sementara itu, dia juga mengimbau agar para petani berinovasi, berimprovisasi, dan kreatif dalam menghadapi situasi sulit, salah satunya dengan mulai menggeser penggunaan pupuk anorganik menuju pupuk organik.

"Untuk meningkatkan produktivitas petani, menteri pertanian perlu menggerakkan para penyuluh pertanian dan pendampingan di lapangan. Pemerintah pusat sudah menggelontorkan sejumlah dana untuk KUR (kredit usaha rakyat). Maka, ini juga perlu didorong oleh pemerintah daerah. Masih banyak keluhan dari petani yang kesulitan mendapat kredit, jadi pemda harus turun tangan beri kemudahan," ujar Moeldoko.(ra)