Presiden UAE Mendarat di Bandara Adi Soemarmo Jateng

Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden UAE Mohammed bin Zayed Al Nahyan di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). (ant)
Tangkapan layar - Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Presiden UAE Mohammed bin Zayed Al Nahyan di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). (ant)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut langsung Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan (MBZ) di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022).

Mohammed Bin Zayed menginjakkan kakinya di Jawa Tengah setelah turun dari pesawat kepresidenan UAE dan disambut langsung oleh Presiden Jokowi di bawah tangga pesawat, sebagaimana dipantau dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi, yang mengenakan batik coklat dan peci hitam, bersama Mohammed Bin Zayed saling menyapa dengan mencium pipi kanan dan kiri. Jokowi kemudian memperkenalkan para pejabat yang mendampinginya kepada Mohammed, yakni Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mohammed terlihat berbincang dengan Gibran untuk beberapa saat. Presiden UAE itu juga disambut pasukan kehormatan Paspampres dan para petugas yang mengenakan pakaian adat khas berbagai daerah di Tanah Air.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Mohammed memasuki kendaraan VVIP yang sama dan meninggalkan bandara.

Kedatangan Presiden UAE, seperti disampaikan Gibran dari unggahan akun Twitter @gibran_tweet, bertujuan meresmikan Masjid Sheikh Al Zayed di Gilingan, Banjarsari, Surakarta. Gibran mengatakan masjid dengan kapasitas 10.000 jamaah tersebut akan menjadi pusat pengajaran Islam rahmatan lil 'aalamin di Kota Surakarta.

"Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," kata putra pertama Jokowi itu. (aj)