BMKG Ingatkan Masyarakat Untuk Waspadai Hujan Lebat yang Dapat Menyebabkan Banjir

Ilustrasi: Hujan lebat
Ilustrasi: Hujan lebat

Gemapos.ID (Jakarta) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengingatkan warga agar waspada potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

"Waspada potensi hujan lebat di wilayah Kepulauan Nias, pegunungan, Lereng Timur, Lereng Barat dan Pantai Timur Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Lestari Irene Purba, Sabtu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Medan, Langkat, Deli Serdang, Asahan, Tj. Balai dan sekitarnya.

Siang hingga sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Kep Nias, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Humbang Hasundutan, Dairi, Pakpak Bharat, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Toba, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Sumatera Utara dan dini hari hujan ringan di Medan, Deli Serdang, Batubara, Langkat, Serdang Bedagai, Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Suhu udara rata-rata 16.0-32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, angin berhembus dari Barat Daya-Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.(ar)