Cegah Penyebaran Virus, Pemprov Babel Distribusikan 16.565 Dosis Vaksin PMK

Ilustrasi: Vaksin PMK Untuk Hewan Ternak
Ilustrasi: Vaksin PMK Untuk Hewan Ternak

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah mendistribusikan 16.565 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), guna menangani penularan dan penyebaran virus PMK kepada ternak sapi serta kambing di daerah itu.

"Alhamdulillah, kegiatan vaksinasi PMK ternak berjalan dengan lancar, karena kesadaran peternak yang sudah baik," kata Sekretaris Satgas Penanganan PMK Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan berdasarkan laporan capaian vaksinasi Posko Terpadu Penanganan PMK Provinsi Kepulauan Babel pada Jumat (11/11), sebanyak 16.565 dosis PMK yang telah didistribusikan ke kabupaten/kota dengan rincian Kabupaten Bangka 3.440 dosis, Bangka Tengah 5.315, Bangka Selatan 2.102, Belitung Timur 2.000. Bangka Barat 1.809, Belitung 1.196 dan Kota Pangkalpinang 703 dosis.

"Saat ini sebanyak 16.565 dari 17.621 ekor total populasi sapi dan kambing di Babel sudah divaksin PMK," katanya.

Menurut dia capaian vaksinasi PMK di Provinsi Kepulauan Babel sudah cukup baik, sehingga kasus sapi dan kambing tertular virus PMK sudah semakin melandai.

"Hari ini hanya ada dua kasus sapi positif PMK di Bangka Tengah, sementara kabupaten/kota lainnya nihil," katanya.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Babel Judnaidy mengatakan Pemprov Kepulauan Babel mengerahkan 100 vaksinator PMK untuk meningkatkan capaian vaksinasi PMK ternak.

"Kami berharap vaksinator dapat memberikan pemahaman kepada peternak supaya mengerti program vaksinasi PMK ini," katanya.(ri)