Kembangkan Wisata Bawah Laut Bangka, PT Timah Tebar Coral Garden di Perairan Bedukang

Saat PT Timah Tbk bekerja sama Nelayan KUB Bina Sejahtera Bersama Desa Deniang Kabupaten Bangka kembali menebar coral garden di Perairan Bedukang
Saat PT Timah Tbk bekerja sama Nelayan KUB Bina Sejahtera Bersama Desa Deniang Kabupaten Bangka kembali menebar coral garden di Perairan Bedukang

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Timah Tbk bekerja sama Nelayan KUB Bina Sejahtera Bersama Desa Deniang Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menebar coral garden di Perairan Bedukang, guna mengembangkan wisata bawah laut di perairan Pulau Bangka.

"Penenggelaman coral garden ini selain untuk mengembangkan wisata bawah laut juga sebagai upaya menjaga ekosistem laut," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Sihaaan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan penebaran coral garden di beberapa titik Perairan Bedukang ini sebagai komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan laut dan mengembangan wisata bawah laut di Pulau Bangka.

"Pada pekan lalu, kami juga menenggelamkan coral garden perairan Pulau Putri, Desa Penyusuk, Kelurahan Bukit Ketok Kabupaten Bangka," ujarnya.

Ketua Nelayan KUB Bina Sejahtera Bersama Desa Deniang Juliadi mengatakan nelayan sangat menyambut antusias penenggelaman coral garden ini, karena banyak potensi yang bisa dikembangkan dari kegiatan Coral Garden.

“Kami sangat optimis dengan adanya Coral Garden ini sektor pariwisata akan meningkat, karena di sini merupakan spot dangkal, jika ingin snorkling itu dapat dilakukan dengan alat seadanya dan jaraknya pun tidak terlalu jauh," katanya.

Menurut dia pemandangan bawah laut di kawasan tersebut sangat indah, di kawasan terdapat berbagai keanekaragaman terumbu karang dengan jenis dan warna yang berbeda. Ditambah lagi dengan adanya ikan nemo.

Ia berharap, dengan adanya program ini dapat menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat, selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk para nelayan untuk mencari ikan.

“Selama ini kita hanya menenggelamkan rumpon, namun untuk kebun karangnya sendiri belum pernah ada dan ini merupakan yang pertama kali kita lakukan bersama PT Timah. Semoga ini menjadi spot unggulan dari berbagai aspek. Selain menjadi destinasi wisata juga dapat dimanfaatkan untuk mencari ikan, asal tidak mengganggu terumbu karang itu,” ucapnya.(pu)